Salah satu area di Kafe Pan Java. (Foto: Ima/MalangTIMES)
Salah satu area di Kafe Pan Java. (Foto: Ima/MalangTIMES)

Setelah tutup selama tiga bulan lamanya karena pandemi covid-19, Kafe Pan Java kembali dibuka mulai hari ini (Sabtu, 6/6/2020). Di era new normal life atau tatanan kehidupan baru ini, Pan Java melayani pelanggan dengan mematuhi protokol kesehatan.

 

Saat pertama masuk gapura Pan Java, pengunjung akan dicek suhu tubuh terlebih dahulu dengan thermo gun. Apabila suhu badan normal, maka pengunjung bisa langsung masuk ke area kafe.

Baca Juga : Pizza Home Made ala Janneta's Kitchen Madiun

 

Di sana, pengunjung juga dapat dengan mudah menemukan tempat cuci tangan. Sebab, pihak Pan Java telah memperbanyak tempat cuci tangan.

"Untuk new normal ini, kami sediakan wastafel, tempat cuci tangan, sekitar 14 titik. Karyawan juga kami ajari dan latih standar protokol kesehatan," ujar owner Pan Java, M. Ali Supandri.

Jika sebelumnya pelanggan makan dengan cara mengambil makanan sendiri atau prasmanan, agar kebersihan tetap terjaga, makanan kini diambilkan pelayan.

Di kafe asri nan nyaman yang berlokasi di Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang, itu, terdapat berbagai spot yang bisa dipilih oleh pengunjung. Ada Waroeng Tani yang menyediakan bermacam makanan khas tani. Ada juga Kafe Kopitani yang menyediakan berbagai kudapan dan minuman untuk nongkrong.

Di area Pan Java yang luas ini, juga terdapat banyak gazebo. Suasananya asri, banyak pepohonan, terdengar suara burung-burung berciutan, dan hawanya sejuk.

Di siang hari, biasanya pengunjung yang datang adalah keluarga-keluarga yang per harinya bisa mencapai 300 orang. Sementara mulai pukul 7 malam, para anak muda dan mahasiswa yang datang untuk nongkrong sampai dini hari. Per hari pengunjung Kafe Kopitani sendiri bisa mencapai 500 orang.

Selain senang dengan suasana Pan Java, pengunjung juga cocok dengan harganya yang sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 20 ribu, pengunjung sudah sangat kenyang dengan menu sayur-sayuran, ikan-ikan, dan lain-lain. Untuk itu, Pan Java sangat cocok untuk makan-makan sekaligus rekreasi bersama teman-teman dan keluarga meski dalam kondisi krisis ekonomi saat ini.

Salah satu pengunjung bernama Slamet Yuwono mengaku sudah mengunjungi Pan Java lebih dari lima  kali bersama keluarganya. Kepada media ini, lawyer asal Jakarta ini mengaku Pan Java cocok untuk santai sambil makan dan menghibur anak-anaknya karena makanannya yang enak, hawanya yang sejuk, dan suasananya yang asri.

"Suka di sini karena memang nyari tempat untuk santai, makan, dengan hawa yang sejuk. Ada nuansa pedesaan, banyak tanaman buat anak-anak untuk edukasi jenis-jenis tanaman," ungkapnya.

Baca Juga : Lezatnya Lodho Ayam Khas Tulungagung Ala Janneta's Kitchen Madiun

 

Ditambah lagi, makanannya juga enak. Anak-anaknya pun cocok dengan makanan di kafe itu. "Senang ke sini. Ada ayunannya, suasananya enak, sambil foto-foto. Makanannya juga enak! Saya suka daun pepaya," ungkap Raisya, salah satu anak Slamet yang kini akan memasuki kelas 4 SD.

Salah satu anak Slamet yang lain bernama Nona yang kini akan memasuki SMP juga demikian. Selain suasananya yang asri, Nona menyukai makanan di sini. Khususnya ikan pe.

"Memang di sini solusi makan enak, sambil rekreasi, santai bersama teman-teman dan keluarga dengan bujet yang minim. Pas untuk kantong," timpal Pandri, sapaan akrab owner Pan Java.

Selain dikunjungi  masyarakat pada umumnya, Pan Java juga kerap dikunjungi oleh orang-orang penting. Beberapa di antaranya seperti Menteri Pendidikan 2014-2019 Muhadjir Effendy yang saat ini menjadi menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (PMK), Bupati Malang Sanusi, dan Wali Kota Malang Sutiaji.

"Kemarin juga ada kunjungan dari Bapak Bupati, Bapak Kapolres, Bapak Dandim. Tujuannya memberikan arahan kalau sudah buka apa yang seharusnya dilakukan. Pesan  Pak Bupati, harus menjaga kebersihan sesuai dengan protokoler kesehatan. Itu yang paling utama. Dan pasti kami taati," ujar Pandri.

Di masa new normal ini, Waroeng Tani Pan Java sementara buka pukul 08.00 sampai 16.00. Sedangkan Kafe Kopitani sementara dibuka mulai pukul 13.00 sampai 21.00.