Kisah Sahabat yang Memarahi Rasulullah, Kepalanya Hampir Ditebas!

Jun 06, 2020 08:21
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Sebuah riwayat menyebutkan, Rasulullah SAW pernah dimarahi oleh seorang laki-laki. Laki-laki itu mendatangi Rasulullah SAW yang sedang membagikan harta rampasan perang kepada umat muslim.

Dengan nada marah, pria itu berkata, "Wahai Rasulullah bertaqwalah dan berbuatlah adil engkau,".

Baca Juga : Divonis Umurnya Tinggal 14 Hari, Perempuan Ini Bebas dari Kanker setelah Konsumsi Zam-Zam

Rasulullah SAW kemudian berkata, "Ada apa dengan kamu. Jika seandainya bukan saya yang berbuat adil. Lalu siapa yang harus berbuat adil. Karena saya diwajibkan untuk adil,".

Kemudian seorang sahabat bernama Khalid bin Walid berkata, "Ya Rasulullah, biar saya tebas kepala orang ini. Karena dia berbuat munafik dan kasar kepada Rasulullah SAW,".

Lalu Rasulullah SAW melarangnya dan berkata, "Jangan wahai Khalid. Mungkin saja dia termasuk orang yang soleh,".

Dr. Khalid Zeed Abdullah Basalamah, Lc., M.A. atau lebih dikenal sebagai Ustadz Khalid Basalamah menyampaikan, dari hadits tersebut dijelaskan jika laki-laki yang memarahi Rasulullah tersebut tak mendapatkan hukuman lantaran ia merupakan seorang muslim.

Hal itu sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang berbunyi, "Kamu diperintahkan terus memerangi seluruh manusia sampai mereka bersaksi dan masuk Islam. Kemudian mereka mendirikan salat dan menunaikan zakat. Ketika mereka sudah melaksanakan itu, maka mereka mendapatkan perlindungan darah dan harta mereka. Kecuali dengan hak Islam. Dan penghitungan amal mereka kembali pada Allah SWT,".

Hal itu juga terjadi pada muslimin lain yang tak sengaja berbuat kesalahan. Saat itu, dikisahkan ada seorang pria mendatangi Rasulullah SAW dan dia bercerita jika secara tak sengaja ia telah menyentuh seorang perempuan yang bukan mahramnya.

Kemudian Rasulullah SAW berkata, "Apakah engkau salat berjamaah bersama kami?,".

Baca Juga : Ciri Wanita yang Ahli Surga, Perhatikan Isyarat yang Disampaikan Rasulullah

Pria itu kemudian membenarkan pertanyaan Rasulullah SAW tersebut. Kemudian Rasulullah SAW berdoa semoga laki-laki itu mendapatkan maaf atas ketidaksengajaan yang ia lakukan.

Ustadz Khalid menjelaskan, dalam hadits lain disebutkan jika seseorang tak menjaga salatnya, maka ia tak akan mendapat pertolongan dan keselamatan pada hari kiamat. Dia akan dibangkitkan bersama pemimpin orang kafir di neraka.

"Itulah keutamaan dari menjaga salat," pungkasnya.

Topik
Kisah Sahabat RasulullahKisah rasulullah di marahi seseorangKhalid Bin WalidCerita Ustadz Khalid Basalamah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru