Cafe Pan Java (foto dok MalangTIMES)
Cafe Pan Java (foto dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bupati Malang Sanusi berharap akan dibukanya kembali tempat usaha di Kabupaten Malang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Karena selama pandemi Covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ekonomi masyarakat menurun drastis.

Menjelang New Normal, cafe yang ada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang akan segera kembali dibuka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Tiga Sektor Ekonomi di Kota Malang ini Paling Terdampak

 

Hal itu dikatakan langsung oleh Bupati Malang Sanusi ketika berkunjung di Pan Java, Kamis (4/6/2020). "Harapannya semua ekonomi jalan lancar kembali, sehingga masyarakat bisa hidup normal kembali," harap Sanusi.

Selain harapan ekonomi meningkat dengan dibukanya kembali tempat usaha, Sanusi juga menuturkan bahwa nantinya jika perekonomian masyarakat bisa lancar akan secara otomatis mengurangi angka kemiskinan di wilayah Kabupaten Malang.

"Kalau semakin banyak lapangan pekerjaan, tentunya angka kemiskinan akan menurun dengan sendirinya," ujar Sanusi.

Disinggung mengenai target perekonomian masyarakat bisa lancar kembali, Sanusi mengatakan bahwa membutuhkan waktu karena saat ini masih dalam masa transisi dari PSBB ke New Normal.

"Kemungkinan bisa 1 sampai 3 bulan ke depan, tapi semua kan masih baru, bisa jadi membutuhkan waktu untuk penyesuaian," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Mulyoagung, Suheri mengatakan bahwa akan mengumpulkan para pemilik kafe di Kawasan Wisata Terpadu Desa Mulyoagung. Pihaknya akan berbicara dengan puluhan pemilik cafe itu terkait sistem kerja saat buka di masa New Normal.

Baca Juga : Penting! Perhatikan Hal Ini Saat Memilih dan Membeli Apartemen di Malang

 

"Rencananya kami akan bertemu dengan pemilik cafe itu, kan ada paguyuban juga. Jadi kami akan bahas itu lebih dulu bagaimana nanti sistemnya," kata Suheri.

Selain itu, Suheri juga berharap nantinya jika memang kawasan wisata terpadu Desa Mulyoagung ini bisa dibuka tentunya perekonomian masyarakat bisa meningkat.