Ilustrasi. (Foto: prixa.ai).
Ilustrasi. (Foto: prixa.ai).

MALANGTIMES - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya akan berakhir besok (Sabtu, 30/5/2020). Artinya segala pembatasan aktivitas akan berubah mengingat akan digantikan dengan masa transisi New Normal.

Sayangnya, di H-1 berakhirnya PSBB tersebut, hingga tanggal 29 Mei 2020 jumlah pasien positif Covid-19 di Kota Malang bertambah 6 orang. Jumlah ini menambah rentetan kasus pasien positif mencapai angka 47.

Dari total tersebut, 17 pasien sebelumnya sudah dinyatakan sembuh. 1 pasien meninggal dunia, dan kini ada 29 yang masih dalam perawatan baik isolasi mandiri ataupun di rumah sakit.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan dari tambahan 6 pasien positif Covid-19 tersebut tiga di antaranya merupakan dari klaster keluarga.

"Tiga pasien ini memiliki kontak erat dengan keluarga inti dari pasien positif sebelumnya (suami). Yang terjangkit kini istri dan dua anak dimana sebelumnya tidak ada riwayat gejala klinis," jelasnya.

Kemudian, 1 pasien merupakan karyawan di salah satu perusahaan yang melakukan tes swab secara mandiri. Yang bersangkutan juga tidak memiliki riwayat gejala klinis.

"Tidak disertai riwayat klinis atau OTG (Orang Tanpa Gejala). Dan saat ini pasien isolasi secara mandiri di rumah," imbuhnya.

Sedangkan, untuk dua pasien lainnya masih belum diketahui riwayatnya. Proses tracing juga masih akan dilakukan. Tetapi saat ini, kedua pasien menjalani perawatan isolasi di salah satu rumah sakit.

"Dua ini warga biasa, proses tracing masih akan dilakukan. Dan saat ini dirawat di rumah sakit," terangnya.

Sementara, untuk data kasus Covid-19 Kota Malang lainnya, kategori ODR (Orang Dalam Risiko) mencapai 2085. Kemudian, OTG bertambah 17 orang menjadi 422. Untuk ODP (Orang Dalam Pantauan) tercatat 897 atau bertambah 8 orang dari hari sebelumnya. Dengan rincian 85 masih dalam tahap dipantau, 811 selesai dipantau dan 1 dinyatakan meninggal.

Serta, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) totalnya kini sebanyak 246 orang. Yang sembuh ada 141, yang masih menjalani perawatan ada 87, dan meninggal dunia sebanyak 18.