Replika pohon sakura yang terutup di The Legend Stars. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Replika pohon sakura yang terutup di The Legend Stars. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kota Batu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indoensia, sayangnya di tengah masa pandemi Covid-19 seperti ini perkembangan dunia pariwisata meredup. Hhal itu menjadi kesempatan bagi tempat wisata untuk melakukan perawatan dan persiapan jika tempat wisata di buka kembali.

Saat wartawaan MalangTIMES diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata di Museum Angkut dan The Legend Star, suasana berbeda sudah nampak saat memasuki setiap park tersebut. Jika sebelum masa pandemi tempat parkir sudah dipenuhi dengan kendaraan, kini berbanding terbalik.

Baca Juga : Manfaatkan Teknologi, Disparbud Bakal Hidupkan Kembali Potensi Wisata di Kabupaten Malang

Suasana sepi bahkan dan tidak ada sama sekali kendaraan yang terparkir. Saat memasuki tempat wisata itu, terlebih dahulu harus melakukan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan di tempat yang sudah disiapkan.

Rasanya saat menikmati tempat wisata itu sangat berbeda tentunya. Kebetulan saat di sana ada beberapa karyawan Museum Angkut melakukan perawatan pada mobil. 

Ya perawatan itu harus dilakukan melihat kondisi kendaraan di sana kurang lebih 95 persen berfungsi dengan baik. Sehingga saat wisata itu dibuka lagi, Museum Angkut sudah siap.

“Ini merupakan masa di mana tempat wisata untuk melakukan perawatan, supaya nanti saat dibuka kami sudah siap,” kata Operational Manager Museum Angkut, Endang A. Shobirin.

Selain itu Museum Angkut juga mulai mempersiapkan skenario jika nantinya tempat wisata diperbolehkan untuk dibuka yang dilakukan oleh beberapa karyawan. Ya protokol kesehatan harus dilakukan.

“Mulai dari loket sampai antrean pintu masuk menerapkan physical distancing. Kemudian akan kita lakukan pembatasan jumlah wisatawan yang masuk demi memaksimalkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Sementara itu, The Legend Stars yang didominasi dengan patung lilin itu tertutup untuk menjaga kualitas, sehingga tidak bisa melihat koleksi tersebut. Meskipun hanya beberapa karyawannya yang bekerja, memanfaatkan masa pandemi di sana dengan menambah wahana baru. 

Baca Juga : Disparbud Kabupaten Malang Siapkan Aturan Berwisata, Ini Isinya

Saat ini pembuatan wahana baru itu, masih dalam proses pembangunan yang sudah mencapai 65 persen. “Di masa pandemi ini kami berusaha menghadirkan wahana baru sebuah spot swafoto bertemakan Jepang. Yang nantinya akan menjadi daya tarik pengunjung,” ucap Operational Manager The Legend Stars, Tosi Kusdianto.

“Supaya pengunjung yang pernah datang ke sini kemudian ke sini lagi melihat ada sesuatu yang baru supaya tidak bosan,” ucapnya.

Selain itu, jika dibuka dalam waktu dekat pihaknya sudah siap menerima pengunjung, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. “Kalau memang segera dibuka, kami akan melakukan pengecatan supaya lebih maksimal,” tutup Tosi.