Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Tips Menangani Amarah dari Ulama Tafsir Quraish Shihab

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : Heryanto

26 - May - 2020, 20:30

Ulama Tafsir Indonesia, Quraish Shihab. (Foto: Screenshot)
Ulama Tafsir Indonesia, Quraish Shihab. (Foto: Screenshot)

MALANGTIMES - Sebagai manusia, kita pasti pernah marah. Marah merupakan emosi yang normal. Kemarahan biasanya muncul dari banyak hal, misalnya kecewa, frustasi, atau terganggu. Lantas bagaimana sebaiknya kita menyikapi orang yang melakukan keburukan kepada kita?

Ulama tafsir Indonesia Quraish Shihab membeberkan cara bagaimana kita menyikapi marah. Langkah pertama adalah menahan diri untuk tidak marah.

Baca Juga : Tips Hadapi Masa Sulit, Dosen UIN Malang: Baca Ar-Rum dan Temukan Optimisme di Al-Qur'an

"Kalau harus marah jangan sampai nampak di muka. Kalau harus nampak di muka jangan sampai terucap satu ucapan yang buruk. Kalau terpaksa harus terucap ucapan yang buruk jangan melampaui batas," paparnya dalam program Narasi.

Namun, apabila harus mengucapkan kata yang tidak baik, jangan sampai tangan Anda bergerak. Satu hal yang harus diingat adalah, kesalahan yang dilakukan orang lain bisa juga kita lakukan lebih besar dari itu.

Jadi, kalau ada orang melakukan keburukan kepada kita, langkah pertama adalah tahan, jangan marah. Kalau harus marah jangan sampai nampak di muka. Kalau harus nampak dibuka jangan sampai terucap satu ucapan yang buruk.

Kalau terpaksa harus terucap ucapan yang buruk jangan melampaui batas. Kalau harus mengucapkan kata yang melebihi ucapan orang lain, jangan sampai tangan Anda bergerak. Itulah tuntunan dari Allah.

Perlu diketahui, muslim juga tidak boleh mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari.

Baca Juga : Sebelum Sangkakala Ditiup, Ini Manusia Terakhir yang Mati Saat Hari Kiamat

"Itu hadis sahih. Agama ini realistis, dia tidak larang orang marah, boleh marah tapi tahan amarah. Boleh membalas tapi yang setimpal. Tetapi itu belum mencapai kesempurnaan. Kalau mau kesempurnaan, berbuat baiklah kepada dia," pungkasnya.


Topik

Agama malang berita-malang berita-malang-hari-ini Tips-Menangani-Amarah Quraish-Shihab Ulama-Tafsir-Indonesia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

Heryanto