Ilustrasi penyebaran Covid-19. (Foto: Shutterstock).
Ilustrasi penyebaran Covid-19. (Foto: Shutterstock).

MALANGTIMES - Penambahan pasien positif Covid-19 terjadi di masa PSBB di Malang Raya. Memasuki hari keenam, terdapat 2 tambahan kasus terkonfirmasi positif di Kota Malang.

Hingga saat ini, data kasus pasien positif Covid-19 per tanggal 22 Mei 2020, totalnya mencapai 32 orang. Satu pasien dinyatakan meninggal dunia, 12 lainnya dinyatakan sembuh, dan kini tersisa 19 yang masih dalam perawatan isolasi baik di rumah sakit ataupun secara mandiri.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan tambahan 2 pasien positif Covid-19 diinformasikan berhenis kelamin laki-laki. "Satu pasien berusia 37 tahun, dan berdomisili di Kecamatan Kedungkandang. Satu lagi, berusia 32 tahun dan diketahui beralamat di Kecamatan Blimbing," ujarnya.

Lebih lanjut, Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang, dr Husnul Muarif mengatakan riwayat sementara diketahui jika pasien berusia 37 tahun sebelumnya menjalani perawatan sebagai PDP (Pasien Dalam Pengawasan) di RST Soepraoen Malang.

Riwayat sementara yang diketahui, pasien tersebut merupakan wirausahawan di Kota Malang.

"Hasil riwayat untuk sementara, pasien ini pekerjaannya sebagai penjual keliling. Sebelumnya sudah dirawat sebagai PDP di RST, sejak tanggal 12 Mei dan sudah keluar dari rumah sakit pada tanggal 15 Mei lalu," terangnya.

Sedangkan untuk pasien yang berusia 32 tahun, dijelaskannya memiliki pekerjaan sebagai salah satu karyawan pelayaran di Surabaya. Tetapi, rumahnya berada di Kota Malang.

Satu pasien ini dikategorikan sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala). Akan tetapi pasien menjalani proses PCR-swab secara mandiri hingga diketahui terkonfirmasi sebagai pasien positif Covid-19.

"Dia merupakan karyawan pelayaran Surabaya, tapi rumah di Kota Malang. Pekerjaannya bagian merawat kapal di Surabaya. Melakukan swab mandiri, waktu screening di Surabaya saat di RS Mitra Keluarga Kenjeran," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang.

Sementara itu, saat ini kedua pasien tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah sebab kondisi klinisnya bagus. Namun tetap dalam pengawasan petugas kesehatan.

"Iya, kedua pasien isolasi mandiri di rumah semua," tandasnya.

Penambahan juga masih terjadi pada kategori lain kasus Covid-19 di Kota Malang. Seperti OTG saat ini bertambah 17, dengan total sebanyak 316 orang.

Kemudian ODP (Orang Dalam Pantauan) juga bertambah 3 menjadi 856. Sebanyak 87 masih dalam tahap pemantauan, 768 telah selesai dipantau, dan 1 pasien meninggal dunia

Selanjutnya, kategori PDP juga bertambah 5 orang dari hari sebelumnya, kini totalnya tercatat sebanyak 228 orang. Jumlah PDP yang meninggal sebanyak 17 orang, yang dinyatakan sembuh atau selesai pengawasan ada 130, dan yang masih menjalani perawatan ada 81.

Sedangkan untuk kategori ODR (Orang Dalam Risiko) tidak ada penambahan dari hari sebelumnya, yaitu tetap di angka 2.034.