Penyerahan bantuan dalam aksi tebar paket sejuta sembako IMR bersama MalangTIMES (Istimewa)
Penyerahan bantuan dalam aksi tebar paket sejuta sembako IMR bersama MalangTIMES (Istimewa)

MALANGTIMES - Info Malang Raya (IMR) dan MalangTIMES kembali menyusuri Kabupaten Malang untuk mendistribusikan paket sembako di dua wilayah kecamatan. Tepatnya Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe) dan Kecamatan Bantur.

Sebelum bertolak ke wilayah Kabupaten Malang, Ketua Tim pelaksana, Sam Huda menginstruksikan pembagian wilayah untuk mempermudah distribusi sembako. Sebelumnya juga telah dilakukan koordinasi dengan relawan lokal yaitu Sumawe Bersatu dan Aremania Sumawe untuk turut mensukseskan Tebar Sejuta Paket Sembako tersebut.

Baca Juga : Heboh Aksi Lelang Keperawanan Sarah Keihl Disebut-sebut Sudah Direncanakan

Tim A di koordinasikan oleh kang Yayak dalam kesempatan tersebut membagikan sembako di wilayah Kecamatan Bantur Deѕα Sumberkerto, Desa Rejoyoso, Desa Rejosari, Desa Pringgodani di dusun Krajan, Dusun Sumber waluh, Dusun Kemuning dan Sumber bening.

Kemudian tim B yang dikoordinasikan oleh Bang Haidar membagikan sembako ke wilayah Druju, Sumawe, Tambakrejo, Argotirto, Tegal Rejo, Kedungbanteng, Tambakasri, Ringinsari, Sekarbanyu, Argotirto, dan Mulyosari.

Dengan menggunakan empat mobil berjenis minibus, tepat pukul 11.30 WIB, tim menuju dua wilayah yang sudah terbagi pengangkutan logistik dan relawan tersebut.

Ketua Tim pelaksana, Sam Huda menyampaikan, pembagian sejuta sembako tersebut memang sengaja menerjunkan tim relawan Basmi Corona. Sekitar 15 anggota diterjunkan untuk mengcover pendistribusian sembako dengan tepat waktu, mengingat medan yang dilalui sangat berat sekali.

"Kami berangkat dan tim sengaja dibagi agar semua terdistribusi tepat waktu," terangnya sembari memberikan ke salah satu penerima berupa 5 Kg beras berkriteria anak yatim.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana pembagian sembako, Kang Yayak yang turut membagikan sembako di Desa Sumbermanjing Wetan menambahkan, perjalanan cukup sulit di jangkau. Karena medan yang cukup terjal dan jalanan makadam yang mengharuskan untuk selalu hati-hati.

"Bahkan kami sering mengalami selip ban mobil akibat jalannya yang licin," tuturnya.

Ketua DPK KNPI Bantur, Sujono pun memberikan apresiasi atas disalurkannya bantuan tersebut. Pihaknya mengucapkan rasa terima masih atas dilaksanakannya kegiatan Aksi Tebar Sejuta Paket Sembako tersebht.

Lebih jauh dia menyampaikan, program IMR selama ini selalu menginspirasi pemuda desa. "Apalagi saya asli dari Desa Pringgodani saya juga mengapresiasi komunitas IMR yang selalu melahirkan karya Inovatif dan kreatif dan saya selalu melihat pergerakan IMR yang bermanuver membangun pola pikir yang postif," tambahnya.

Apalagi, lanjutnya, IMR berafiliasi dengan MalangTIMES sebagai media pendukung dan juga Akademisi yang sudah teruji. Dari situlah IMR menjadi grup dan komunitas yang berkualitas dengan selalu berimbang. "Baik ketika memberi kritik pedas maupun memberikan solusinya," tegas pria yang bekerja sebagai karyawan di pantai Balekambang itu.

Baca Juga : Dishub Jatim Bagi Paket Sembako untuk Driver Ojol di Daerah PSBB

Sementara itu, General Manager JatimTIMES Group, Heryanto menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari aksi sosial. Sebagai media, JatimTIMES Group tentu harus berperan aktif dan berpartisipasi dalam setiap kegiatan sosial.

Dia pun menegaskan jika tak ada nuansa politik dalam kegiatan soial tersebut. Karena ini menjadi salah satu momen untuk menjaring semua golongan untuk bergerak bersama. Melalui kegiatan sosial ini, diharapkan kepedulian sosial masyarakat semakin meningkat.

"Dan sebagai media akan mengawal setiap kegiatan yang dilaksanakan," terang Heryanto.

Kegiatan sosial berupa pengumpulan sembako ini merupakan bentuk kepedulian terhadap dampak covid-19, terutama bagi warga Malang Raya yang terdampak. Pengumpulan donasi pun dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari program #MalangBasmiCorona.

Aksi sosial ini diselenggarakan atas kerjasama IMR, MalangTIMES dan didukung penuh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kapolres Malang Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, dan Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf. Ferry Muzawward.

Selain itu juga didukung penuh oleh Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Indonesia (HMPSI), BIUUUS Indonesia Korwil Jatim, Ikatan Wartawan Online (IWO) dan Prisma Raya.

Bantuan yang terkumpul sejak Senin (28/4/2020) lalu telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di Malang Raya. Bantuan berupa sembako itu akan terus disalurkan kepada masyarakat terdampak seperti pekerja yang dirumahkan, janda, hingga fakir miskin.