Ilustrasi ikan toman. (Foto: facebook Ikan Hias Pontianak)
Ilustrasi ikan toman. (Foto: facebook Ikan Hias Pontianak)

MALANGTIMES - Tak hanya obat herbal Strovit yang mengandung ekstrak bonggol nanas dan jintan hitam (habbatussauda) saja yang bisa menjadikan senjata melawan Covid-19 untuk menjalani skenario "The New Normal" seperti yang dipaparkan dalam berita sebelumnya

Obat herbal lain bernama Ifalmin menjadi pelengkap untuk menghadapi Covid-19.

Baca Juga : Bersuara Keras Tingkatkan Risiko Penyebaran Covid-19, Hasil Penelitian Terbaru Ilmuwan AS

 

Obat-obat herbal ini diperkenalkan oleh Akademisi Kota Malang dari Universitas Brawijaya (UB) Prof Dr Ir Muhammad Bisri MS saat pertemuan khusus untuk berdiskusi dalam rangka untuk mencari jalan keluar dalam penanganan Covid-19.

Pertemuan khusus yang bertempat di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang ini dihadiri oleh Satgas Covid-19 NU Malang Raya, Ketua PC NU Kota Malang Dr Isroqunnajah MAg, akademisi dan peneliti dari UB Prof Sutiman Bambang Sumitro MS DSc, dan media online MalangTIMES.

Prof Bisri menyampaikan bahwa produk tersebut merupakan temuan dari Dr Mansur Ibrahim SSi MKes. Kepada media ini Dosen Universitas Megarezky dan Universitas Panca Sakti Makassar ini menjelaskan bahwa Ifalmin terbuat dari ekstrak ikan toman. Ikan toman masuk dalam famili ikan gabus dan hanya bisa didapatkan di sekitar Kalimantan dan Sumatera.

"Kenapa kami memilih ikan toman ini karena memiliki kadar albumin yang tinggi, protein yang cukup lengkap," ucapnya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (20/5/2020).

Mansur menjelaskan, pada umumnya apabila terjadi serangan bakteri, virus, dan lain sebagainya, terjadi degradasi protein pada tubuh. Terjadinya penurunan kadar protein dalam tubuh ini dikarenakan dipakai untuk mensupport fungsi imun.

"Pada saat kita kena serangan apapun, apakah itu bakteri atau virus atau ada luka dan lain sebagainya itu asupan protein perlu ditingkatkan untuk mensupport fungsi imun supaya bisa bekerja optimal," jelasnya.

Nah, fungsi protein dalam Ifalmin ini, kata Mansur yakni sebagai logistik untuk meningkatkan imunitas tubuh sebagai bahan baku untuk melawan terhadap berbagai gangguan tubuh.

Baca Juga : Riset: Pisang Lokal Ini Punya Nutrisi 40-90 Kali Lipat Lebih Tinggi dari Pisang Impor

 

"Sehingga ini yang mendasari pada pasien Covid-19, saya berikan kombinasi antara Strofit dengan Ifalmin yang di dalamnya adalah protein kompleks yang mutlak diperlukan sebagai benteng pertahanan tubuh terhadap invasi zat asing yang tidak dibutuhkan oleh tubuh," tandasnya.