Zakat Fitrah (Foto: Laduni.id)
Zakat Fitrah (Foto: Laduni.id)

MALANGTIMES - Setiap bulan Ramadan, umat muslim yang mampu diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Zakat sendiri merupakan salah satu rukun Islam yang keempat.  

Zakat fitrah tentunya dibayarkan sesuai dengan syarat yang telah ditetapkan.  Di sisi lain, zakat fitrah ini juga berguna untuk membersihkan harta dan sebagai pelengkap ibadah puasa.  

Bagi kalian yang melewatkan membayar zakat fitrah, hal itu bisa menjadi dosa besar karena melanggar salah satu rukun Islam.  

Nantinya zakat akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan atau kaum fakir miskin. Sedangkan jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan  harus sesuai dengan makanan pokok. 

Di Indonesia sendiri makanan pokok yakni beras.  Oleh karena itu seluruh umat Islam yang akan membayar zakat fitrah sebaiknya mengeluarkan 3,5 liter atau 2,5 kg beras.  Meski begitu, beras juga bisa diganti dengan uang yang sesuai dengan harga 2,5 kg beras.
 

Selanjutnya zakat bisa diserahkan di masjid atai lembaga amil zakat serta membaca niat membayar zakat fitrah.  

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mebayar zakat fitrah?  Sebenarnya zakat bisa saja dilakukan sejak awal Ramadan hingga menjelang takbir Hari Raya Idul Fitri.  

Namun, waktu yang tepat untuk membayar zakat yakni sebaiknya sebelum waktu salat Idul Fitri. 

Hal itu sudah dijelaskan melalui hadis sebagai berikut:  “Telah menceritakan kepada kamu (Muslim bin Amru bin Muslim Abu Amru Al Khaddza’ Al Madani) telah menceritakan kepadaku (Abdullah bin Nafi’ As Sha’igh) dari (ibnu Abu Zannad) dari (Musa bin Uqbah) dari (Nafi’) dari (Ibnu Umar) bahwasanya Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam memerintahkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat (ke tempat shalat) pada hari raya idul fitri. Abu ‘Isa berkata, ini merupakan hadits hasan shahih gharib, atas dasar ini para ulama lebih menganjurkan untuk membayar zakat fitrah sebelum berangkat salat (HR Tirmidzi: 613)". 

Begitu pun sejarah perintah waktu zakat! disarankan untuk membayar zakat saat matahari terbenam bersamaan dengan malam takbir Hari Raya Idul Fitri.  

Berikut uraian waktu membayar zakat fitrah yang tepat: 

- Waktu yang diharuskan: bermula dari awal bulan Ramadan sampai akhir bulan Ramadan. 

- Waktu yang diwajibkan: setelah matahari terbenam pada akhir bulan Ramadan. 

- Waktu yang afdhal: setelah melaksanakan salat Subuh pada hari akhir Ramadan sampai sebelum mengerjakan salat Idul Fitri. 

- Waktu yang makruh: melaksanakan salat  Idul  Fitri sehingga sebelum terbenam matahari. 

- Waktu yang diharamkan: setelah matahari terbenam pada hari raya Idul Fitri.