Di Kota Batu 78 Pedagang dan Pengepul Sayur Dites, Hasilnya 6 Orang Reaktif Positif
Di Kota Batu 78 Pedagang dan Pengepul Sayur Dites, Hasilnya 6 Orang Reaktif Positif

MALANGTIMES - Rapid test massal dilakukan oleh Pemkot Batu kepada pedagang sayur atau pengepul sayur dari Kota Batu ke luar Kota Batu secara bertahap di beberapa desa. Hasilnya ada 6 warga reaktif positif.

Juru Bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori mengatakan, rapid test itu dilakukan dalam rangka untuk mendeteksi awal dan mengetahui kondisi masyarakat yang memiliki potensi atau resiko tinggi terpapar virus corona atau Covid-19 di Kota Batu.

Baca Juga : Dua Hari Sembuh dari Covid-19, Nenek asal Desa Bulukerto Meninggal

“Sehingga dilakukan rapid test massal terutama bagi para pedagang sayur atau para pengepul sayur  yang mengirim sayur dari Kota Batu ke luar kota,” katanya, Senin (18/5/2020)

Totalnya ada 78 orang pedagang atau pengepul sayur yang telah dilakukan rapid test di lima desa. Yakni di Desa Beji Kecamatan Junrejo, Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo, Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji, Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji dan Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu.

“Beberapa warga di desa tersebut, setiap harinya  mengirim sayur ke luar daerah, sehingga sangat rentan. Kemudian juga beraktivitas setiap hari di pasar,” imbuh Chori, (18/5/2020).

Hasilnya setelah dilakukan rapid test kepada 78 orang, 72 di antaranya dinyatakan Non Reaktif dan 6 orang Reaktif positif. “Rencana besok akan dilanjutkan di Desa Sumber Brantas,” ungkap pria yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batu.