Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hiburan, Budaya dan Seni

Batu Keramat di Desa Junrejo Ini Tiba-Tiba Hancur

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

24 - May - 2020, 08:00

Tim Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu saat berada di lokasi Punden Watu Gede, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)
Tim Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu saat berada di lokasi Punden Watu Gede, Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Punden Watu Gede adalah salah satu tempat yang dikeramatkan oleh warga khususnya di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo. Sayangnya batu itu, kini tak lagi utuh seperti semula.

Ya rupanya batu tersebut telah dihancurkan, namun tidak diketahui siapa yang menghancurkannya. Ya terlihat beberapa batu telah hancur menjadi patahan-patahan kecil dan berserak di sekitaran lokasi.

Baca Juga : Seriusi Temuan Situs di Batu, Wali Kota Dijadwalkan Audiensi dengan Balai Cagar Budaya Jatim

“Warga sekitar mengetahui hal ini langsung memberikan informasi kepada Tim Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kota Batu,” ucap Kabid Kebudayaan, Winarto.

“Menurut warga punden ini dulunya dipergunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan acara-acara ritual adat. Sehingga dikeramatkan,” imbuhnya.

Meskipun tahun-tahun belakangan sudah mulai jarang dipergunakan, namun masyarakat masih meyakini bahwa di tempat tersebut masih menyimpan jejak-jejak adat istiadat dan nilai tradisi yang berkembang di masyarakat.

Ia menambahkan, nantinya batu-batu ini rencanannya akan dipergunakan sebagai bahan untuk membuat plengsengan sungai kecil atau selokan di sekitar lokasi. Kejadian ini memantik keperdulian warga sekitar dan masyarakat peduli budaya.


Topik

Hiburan, Budaya dan Seni batu berita-batu Punden-Watu-Gede Batu-Keramat-di-Desa-Junrejo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus