Keluarga penerima manfaat (KPM) saat mengantre untuk mengambil bantuan. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Keluarga penerima manfaat (KPM) saat mengantre untuk mengambil bantuan. (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Hari ini, Rabu (6/5/2020) sebanyak 659 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Malang diguyur bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos). Penyerahan bantuan pun dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia.

Baca Juga : Cegah Overlapping, Pemkot Malang Maksimalkan Pendataan Bansos Melalui 'SiBansos'

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Malang Nur Widianto menyampaikan, penyerahan bantuan dilaksanakan bertahap untuk menghindari antrean. Pada hari ini, penerimaan bantuan difokuskan untuk KPM di wilayah Kecamatan Klojen. "Penyerahan langsung di Kantor Pos Besar Malang," kata pria yang akrab disapa Wiwid itu.

Secara rinci dia menyampaikan, pada tahap pertama ini sebanyak 414 KPM di Kelurahan Kiduldalem dijadwalkan mengambil dana bantuan sejak pukul 10.00 WIB sampai 12.30 WIB. Sedangkan untuk 245 KPM dari Kelurahan Bareng dijadwalkan mengambil bantuan dari pukul 13.00 WIB sampai  14.30 WIB. "Sedangkan kelurahan lainnya akan dilaksanakan Sabtu 9 Mei 2020," tambah Wiwid.

Camat Klojen Heru Mulyono menambahkan, khusus Kecamatan Klojen, total ada 3.568 KPM yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial tersebut. Penyaluran bantuan tidak hanya melalui Kantor Pos, melainkan juga dibagikan melalui Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).

"Untuk yang tidak memiliki rekening bank, disalurkan melalui Kantor Pos. Tapi untuk yang memiliki rekening langsung ditransfer," terang Heru.

Heru menyampaikan, total ada 3.220 KPM yang disalurkan melalui Kantor Pos. Selanjutnya yang ditransfer melalui BRI ada 227 KPM, BNI 159 KPM, BTN 5 KPM, dan Mandiri 47 KPM.

Baca Juga : Target Pekan Ini Rampung, Pemprov Jatim Kebut Persiapan Rumah Sakit Darurat Covid-19

Lebih juah disampaikan, masing-masing KPM akan menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan. Bantuan akan diberikan selama tiga bulan sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. "Yang pencairan hari ini untuk bulan April," imbuhnya.

Sementara itu, pembagian bantuan bagi kelurahan lain di Kecamatan Klojen akan dilanjutkan pada Sabtu (9/5/2020) mendatang. Pembagian akan dilakukan melalui Kantor Pos dan masing-masing kantor kelurahan. Hal itu untuk memecah kerumunan dan tetap meningkatkan physical distancing. "Kantor kelurahan yang tidak memiliki aula akan tetap dibagikan melalui Kantor Pos supaya tidak ada kerumunan," katanya.

Para penerima manfaat yang datang mengambil bantuan pun diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran suhu dan pemakaian masker bagi yang belum memiliki masker. Kemudian penerima akan langsung diarahkan untuk menerima bantuan.