Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral Pasien Positif Covid 19 Debat dengan Petugas Tolak Isolasi Mandiri

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

30 - Apr - 2020, 16:57

Pasien Corona debat dengan petugas menolak diisolasi (Foto: Kompas.com)
Pasien Corona debat dengan petugas menolak diisolasi (Foto: Kompas.com)

MALANGTIMES - Sebuah video berisi tayangan seorang pasien Covid 19 yang menolak untuk dibawa ke rumah sakit, menjadi viral. Pasien tersebut diketahui merupakan pasien Covid nomor 229 yang berasal dari Kelurahan Cakranegara Barat, Mataram.  

Riwayat pasien tersebut ternyata pernah mengikuti Ijtima Ulama Sedunia yang diadakan di Gowa, Sulawesi Selatan. Tampak dalam video yang beredar melalui grup WhatsApp dan media sosial itu, pasien berdebat dengan beberapa petugas yang mengenakan APD lengkap.  

Di video berdurasi 60 detik itu, petugas mencoba membujuk pasien untuk mau melakukan isolasi.  Namun pasien tersebut malah menjelaskan kepada petugas jika dirinya dalam keadaan sehat.  

"Ini tidak ada tanda-tanda orang sakit Pak, tidak bisa kayak gini, ini dirusak nama Islam kalau begini," kata pasien.  

Peristiwa itu lantas dibenarkan oleh Camat Cakranegara Erwan yang terjadi pada Rabu (29/4/2020).  

Sesuai informasi dari Pemprov NTP, pasien memang dinyatakan positif Covid 19. Namun, setelah melakukan pemeriksaan pasien tak melapor kepada lurah sehingga tak ada yang mengetahui jika ia terinfeksi Covid.  

"Saat kami melakukan pengecekan ke rumahnya, yang bersangkutan justru tidak ada. Mestinya kan isolasi mandiri sejak kepulangannya dari Gowa, Makassar. Kami cek justru salat tarawih bersama banyak warga di Masjid Nurul Yakin," kata Erwan dikutip melalui Kompas.com.

Kini, petugas kesehatan pun akan melakukan tracing kontak pasien di wilayah tersebut karena mengingat banyak masyarakat yang melaksanakan salat tarawih bersama si pasien.  

Dilansir melalui Kompas.com pasien tersebut akhirnya berhasil dibawa petugas ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan dan diisolasi.


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-hari-ini update-covid19 Pasien-Positif-Covid19 Debat-dengan-Petugas-Medis Pasien-Tolak-Isolasi-Mandiri Warga-Cakranegara-Barat-Mataram


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya