Salah satu tersangka yang diamankan oleh petugas. (Foto: Ist)
Salah satu tersangka yang diamankan oleh petugas. (Foto: Ist)

MALANGTIMES - Aksi kejahatan jalanan makin meresahkan, seperti kejadian di Kota Kediri, Selasa (28/4/2020) malam. 

Baca Juga : 98 Penipuan Terkait Penjualan APD Telan Kerugian Ratusan Juta Selama Wabah Covid-19

Akibat melawan penjambret yang belakangan diketahui merupakan seorang residivis, salah satu warga Kediri mesti kehilangan nyawa. 

Peristiwa itu terjadi saat dua perempuan terjatuh dari sepeda motor yang mereka kendarai saat mengejar pelaku penjambretan di depan Indomaret Jalan Kapten Tendean, Kota Kediri. 

Kejadian pengejaran ini menyebabkan kecelakaan beruntun yang mengakibatkan salah satu korban yakni Indah, warga Tirtudan Kota Kediri meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). 

Korban terpelanting dan kepalanya membentur aspal. 

Sementara itu, Nanda, adik korban juga mengalami luka serius dalam kejadian ini.

Salah seorang pelaku mengaku bernama Putut, warga Tosaren Kota Kediri  yang juga seorang residivis, berhasil diamankan warga. 

Sementara satu tersangka lainnya melarikan diri kelahan tebu dan sekarang dalam pencarian oleh kepolisian dan juga warga di sekitar wilayah Pasar Grosir Kota Kediri. 

“Saya baru saja mengantarkan pesanan dari Rumah Sakit Baptis Kediri. Saat saya membuka HP di jalan, tiba-tiba HP saya dijambret. Saat itu kakak saya (Indah, Red) mengejar pelaku dan saya melawan sekuat tenaga penjambret hingga akhirnya jatuh di depan Indomaret Jalan Kapten Tendean,” kata Nanda dalam video yang beredar melalui WhatsApp. 

Dari keterangan seorang warga, Risnanda yang juga saksi mata mengungkapkan bahwa warga berhasil mengamankan pelaku. 

Baca Juga : Residivis Nyamar Jadi Anak Kos, Motor Pemilik Kos Dibawa Kabur

Menurutnya, kedua pelaku sempat jatuh dan satu di antaranya berhasil diamankan warga.

Risnanda menyebut, warga yang mengamankan pelaku mengaku curiga, saat mengetahui pasca kejadian tabrakan malah melarikan diri. 

“Awalnya kami curiga saat mengetahui orang ini malah melarikan diri setelah kejadian tabrakan. Satu pelaku kabur dan satu orang berhasil kita amankan. Ternyata ini adalah pelaku penjambretan. Akhirnya kita amankan di rumah RT dan polisi akhirnya mengamankan pelaku,” ujar Risnanda. 

Saat dibawa polisi, massa sempat mengepung pelaku saat diamankan. 

Namun polisi dengan sigap berhasil menghalau agar tidak terjadi aksi main hakim sendiri. 

Pelaku pun langsung dibawa ke Mako Mapolresta Kediri yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP I Gusti Ananta.

Sementara itu, korban kecelakaan akibat penjambretan yang meninggal dan yang luka parah langsung dilarikan unit Reskrim Polres Kediri Kota ke Rumah Sakit Bhayangkara Kota.