Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Penularan dan Kematian Covid-19 Terus Bertambah, Pasien Meninggal Dominasi Lansia

Penulis : Imarotul Izzah - Editor : A Yahya

27 - Apr - 2020, 17:58

Doc. Kemenkes RI
Doc. Kemenkes RI

MALANGTIMES - Update kasus Covid-19 sampai hari ini, tercatat 210.199 orang dalam pemantauan (ODP) dan 19.987 pasien dalam pengawasan (PDP). Pasien konfirmasi positif Covid-19 bertambah 214 menjadi total 9.096, pasien sembuh bertambah 44 sehingga total 1.151, sementara pasien meninggal bertambah 22 menjadi total 765.

Baca Juga : Buntut Pasien PDP, 21 Pedagang Pasar Induk Gadang Diperiksa Petugas Kesehatan

"Pasien sembuh terbanyak di DKI Jakarta berjumlah 337, Jawa Timur 140, Sulawesi Selatan 106, Jawa Barat 96, Jawa Tengah 88, dan sisanya tersebar di 29 provinsi lainnya," beber Jubir Pemerintah untuk Covid-19 dr. Achmad Yurianto pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (27/4/2020).

Dikatakan Yuri, pasien positif Covid-19 yang meninggal kebanyakan adalah pasien lanjut usia (lansia).

"Kasus meninggal ini banyak tejadi pada kelompok usia sekitar 60 tahun, antar 41-80 tahun, dan beberapa di antaranya di atas 61 ke arah 80 tahun," jelasnya.

Kasus meninggal itu kebanyakan disebabkan oleh faktor komorbid seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, penyakit paru-paru baik asma, maupun penyakit paru obstruktif menahun.

"Inilah yang jadi faktor komorbid dan angka kematian cukup tinggi," ujarnya.

Pemerintah terus berupaya memutus rantai penularan virus corona ini. Sampai saat ini sudah dilakukan pemeriksaan lebih dari 75 ribu tes antigen untuk PCR. Pemeriksaan tersebut sebagai hasil dari pelacakan kontak dari pasien positif Covid-19.

Baca Juga : Tiga Kepala Daerah Kumpul Bahas Persiapan PSBB Malang Raya

"Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar kami mampu melaksanakan 10 ribu tes PCR perhari," kata Yuri.

Pemerintah juga, kata Yuri, terus meningkatkan kapasitas dan kualitas rumah sakit rujukan yang ditunjuk oleh Kemenkes. Saat ini sudah lebih dari seribu rumah sakit yang melaporkan telah merawat pasien Covid-19 baik pasien positif maupun pasien dalam pengawasan (PDP).

Seribu rumah sakit tersebut merupakan gabungan dari rumah sakit pemerintah dan swasta. Secara total jumlah kapasitas lebih dari 10 ribu tempat tidur. Saat ini perkiraan masih ditempati oleh sekitar 7-8 ribu pasien.

Lantaran data jumlah kasus Covid-19 menunjukkan bahwa proses penularan masih terus terjadi, masyarakat diharapkan disiplin dalam menjaga diri agar tidak tertular virus corona. Jaga jarak fisik, tidak bepergian kemanapun kecuali terpaksa, memakai masker dan cuci tangan pakai sabun adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh masyarakat.


Topik

Peristiwa malang berita-malang berita-hari-ini Virus-covid19 Update-covid19 Pasien-Meninggal-Dominasi-Lansia Jubir-pemerintah-mengenai-covid19 Achmad-Yurianto Gedung-BNPB-Jakarta


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Imarotul Izzah

Editor

A Yahya