Antisipasi Warga yang Nekat Mudik, Pemkot Malang Siapkan Rapid Test di Check Point

Apr 25, 2020 15:44
Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Antisipasi warga yang nekat mudik, Pemerintah Kota Malang siapkan sekitar 1.500 rapid test. Rapid test akan disebar ke enam titik check point dan pintu keluar masuk Kota Malang seperti terminal dan stasiun.

Baca Juga : Selain Tarawih, Pemkab Malang Larang Masyarakat Adakan Kegiatan Keagamaan Selama Ramadan

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, setiap warga yang keluar dan masuk Kota Malang akan mendapatkan pengecekan suhu. Selain itu, untuk masyarakat dengan suhu tubuhnya tinggi atau mencapai 38 derajat celcius akan dilakukan rapid test.

"Selain menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas juga disiapkan rapid test," katanya, Sabtu (25/4/2020).

Bukan hanya itu, masyarakat yang memasuki wilayah Kota Malang dan memiliki riwayat perjalanan dari kota atau daerah di Indonesia yang merupakan zona merah juga akan dilakukan rapid test. Meskipun yang bersangkutan suhu tubuhnya tak tinggi.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi sekaligus menekan persebaran covid-19. Mengingat, saat ini penyebaran bukan hanya berasal dari Orang Dalam Pantauan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saja, melainkan juga berasal dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

Sutiaji menyampaikan, ada sekitar 1.500 rapid test yang saat ini telah disiapkan. Selain itu, pada Senin (27/4/2020) mendatang juga akan dilakukan pengadaan alat rapid test oleh Dinas Kesehatan Kota Malang.

Baca Juga : Ada 4 Pos Check Point Cegah Covid-19 di Kota Batu, Ini Titiknya

"Kami targetkan memang ada 10 ribu rapid test. Tapi memang saat ini alatnya susah, jadi bisa dilakukan secara bertahap," terang Sutiaji.

Lebih jauh Sutiaji menyampaikan, bagi masyarakat yang memiliki indikasi covid-19 setelah dilakukan rapid test, maka yang bersangkutan akan dirujuk untuk melakukan isolasi di ruang yang telah disediakan. Salah satunya adalah RSUD Kota Malang, dimana ada sekitar 400 tempat tidur yang disiapkan.

Sebagai informasi, enam check point yang telah disiapkan diantaranya adalah kawasan perbatasan kota di Graha Kencana, Terminal Arjosari, Terminal Landungsari, Stasiun Malang, kawasan Kacuk Barat dan Tol Madyopuro. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita MalangMudik LebaranPemkot MalangRapid TestWali Kota MalangSutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru