Petugas saat memeriksa suhu tubuh pengendara di pos pemantauan di simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)
Petugas saat memeriksa suhu tubuh pengendara di pos pemantauan di simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Dua unit pos pemantauan rencananya akan dipersiapkan oleh Pemkot Batu di Kota Batu. Hadirnya pos itu nanti untuk memperketat pengawasan bagi pemgendara yang akan masuk ke Kota Batu.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 di Kota Malang Bertambah Dua, Riwayat Cluster Sukolilo Surabaya

Pos itu nantinya akan berada di perbatasan dengan Kecamatan Dau dan Kecamatan Karangploso. Tepatnya di kawasan Kecamatan Junrejo.

“Nanti dua tambahan pos itu letaknya di Kecamatan Junrejo, hanya berbeda di dusunnya,” ucap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Ia menambahkan, ditambahnya dua pos itu sebagai upaya pencegahan virus corona (covid-19) di Kota Batu. Terlebih saat ini sudah memasuki bulan Ramadhan, dan memasuki masa mudik, meskipun sudah ada larangan.

“Ini masih dirundingkan dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Saya juga meminta agar masyarakat tidak melakukan mudik,” imbuhnya.

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Mulai Turun di Angka 283 Pasien, Total 7.418 Pasien per Hari Ini

Penambahan dua pos di Kecamatan Junrejo, lantaran kedua wilayah itu bisa menjadi pintu masuk ke Kota Batu. Namun ia meminta agar masyarakat tidak melakukan mudik untuk memutus rantai pandemi tersebut.

“Pilihan untuk tidak mudik memang berat, tapi harus dilakukan agar upaya pemutusan penyebaran bisa dilakukan,” jelas pria yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu ini.

Sedang sebelumnya untuk memutus rantai pandemi, Pemkot Batu sudah mendirikan pos covid-19 di kawasan simpang tiga Pendem, Kecamatan Junrejo dan di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.