Penyaluran bantuan sembako dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang bagi warga terdampak covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Penyaluran bantuan sembako dari Perumda Tugu Tirta Kota Malang bagi warga terdampak covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kebijakan pemerintah dengan pembatasan aktivitas masyarakat melalui social distancing dan physical distancing untuk menekan angka penyebaran penularan covid-19 cukup berdampak pada sosial perekonomian warga di tanah air.

Aksi kepedulian sosial terkait hal tersebut terus bergulir dari semua pihak. Kali ini, PDAM Kota Malang atau Perumda Tugu Tirta   juga ikut menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak. 

Bantuan tersebut disalurkan melalui program yang diinisiasi Info Malang Raya (IMR) bersama MalangTIMES. Penyerahan simbolis bantuan dilakukan di kantor PDAM Kota Malang, Selasa (21/4).

Direktur Utama Perumda Tugu Tirta Kota Malang M. Nor Muhlas mengapresiasi aksi sosial tersebut. Menurut dia, di masa pandemi covid-19, kepedulian sosial akan sangat memudahkan warga terdampak saat ini.

"Saya sangat appreciate dengan apa yang dilakukan teman-teman. Pikiran dan gagasannya luar biasa, terutama kepeduliannya kepada masyarakat. Meskipun meminta bantuan, bukan berarti mengurangi jiwa sosial Anda. Dan itu memang bukan hal yang mudah karena tidak semua orang mau melakukan itu. Saya respek akan hal itu," ujarnya.



Meskipun bantuan sembako tersebut memang tidak bisa mengubah status sosial seseorang, Muhlas mengatakan paling tidak akan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga terdampak.

"Secara sosial dalam teori apa pun kita tidak bisa mengubah status mereka. Tapi paling tidak, kesenjangan sosial mereka bisa berubah dengan adanya orang-orang seperti kita yang mau tergerak untuk mengurusi dan membantu mereka," ungkapnya.

Ada sebanyak 85 paket sembako yang disalurkan Perumda Tugu Tirta Kota Malang kali ini. Proses pengumpulan sembako itu murni melibatkan semua karyawan Perumda Tugu Tirta tanpa mengambil anggaran yang ada. 

"Ini semua murni sumbangsih dari karyawan kami. Mereka menyisihkan sebagian rezekinya untuk digunakan dalam hal ini," ungkap Muhlas.

Tak hanya Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Bantuan lain hari ini juga disalurkan oleh pihak Inspektorat Daerah Kabupaten Malang secara langsung ke kantor MalangTIMES di Tlogomas Square. Sebanyak 25 paket sembako diberikan. Masing-masing berisi 5 bungkus mi instan, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg. dan beras 5 kg.

Penyaluran bantuan dari Inspektorat daerah Kabupaten Malang terhadap warga terdampak Covid-19



General Manager JatimTIMES Group Heryanto menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan para donatur melalui penyaluran bantuan tersebut. Penyaluran bantuan dari kolaborasi yang dilakukan IMR dan MalangTIMES itu rencananya akan disebarkan mulai awal bulan Ramadan.

"Ini sangat luar biasa karena donasi terus mengalir. Hal ini menunjukkan kepedulian kepada masyarakat sangatlah besar. Kami berkolaborasi mengumpulkan donasi ini yang rencananya akan kami sebar di awal bulan puasa. Alhamdulillah sudah banyak pihak yang ke kantor untuk menyalurkan bantuan mereka," ungkapnya.

Sementara itu, inisiator program dan koordinator aksi IMR menambahkan, program inisiasi bertajuk 'Tebar Sejuta Paket Sembako' tersebut merupakan korelasi dari aksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Antusiasme para donatur sangat diharapkan dalam kegiatan kali ini.

"Kali ini kami bergerak dan beraviliasi bersama dengan teman-teman MalangTIMES untuk memutus mata rantai covid-19. Aksi sosial sebelumnya, kami juga bagi-bagi masker, disinfektan, hand sanitizer dan lainnya. Kami juga berterima kasih atas antusiasime donatur. Sejak dibuka 18 April 2020, sudah banyak yang berlomba-lomba," ucapnya.

Kegiatan sosial yang diselenggarakan atas kerja sama IMR dan MalangTIMES ini juga didukung penuh Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kapolres Malang Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Zainuddin, Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, dan Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad.

Selain itu, aksi sosial ini didukung penuh oleh Himpunan Mahasiswa Pasca Sarjana Indonesia (HMPSI), BIUUUS Indonesia Korwil Jatim, Ikatan Wartawan Online (IWO), dan Prisma Raya.

Anda yang hendak untuk menyalurkan bantuan dapat menitipkan ke empat titik yang telah ditetapkan. Empat titik tersebut adalah basecamp IMR Jl Bareng Kartini IIIG Nomor 20 D yang buka pukul 09.00 WIB -21.00 WIB, Warung Sate Bang Saleh  Jl Ade Irma Suryani 42 Klojen Malang yang buka sejak pukul 09.00 WIB-21.00 WIB. 

Selanjutnya Kantor MalangTIMES di Ruko Tlogomas Square Kav 14 Tlogomas dan markas Awangga Jl Kawi No 50 Kepanjen. Penitipan dan pengumpulan donasi di dua titik terakhir tersebut dapat dilakukan sejak pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.