Malangtimes

Pembebasan Lahan Infrastruktur Terus Berlanjut di Tengah Wabah Pandemi Covid-19

Apr 18, 2020 13:46
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil. (Foto: istimewa)
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Banyak masyarakat mengira, bahwa pembebasan lahan untuk proyek infrastruktur pemerintah akan terhenti sejenak, dikarenakan wabah pandemi Covid-19 yang tengah menyerang Indonesia.

Tetapi melalui video conference di Jakarta, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI Sofyan Djalil menuturkan bahwa semua pembebasan lahan untuk proyek infrastruktur pemerintah terus berjalan meskipun terdapat sedikit hambatan di tengah wabah pandemi Covid-19.

"Semua masih berjalan dengan lancar semuanya, memang agak sedit ada hambatan tetapi masih berjalan sesuai target semuanya," tuturnya dalam video conference, di Jakarta, Jumat (17/4/2020).

Sofyan Djalil juga mengungkapkan bahwa proyek pembangunan seperti LRT (Lintas Rel Terpadu) dan beberapa proyek infrastruktur yang juga memerlukan pembebasan lahan akan dilakukan koordinasi dengan jajaran kementerian terkait. 

"Untuk proyek-proyek yang sedang berjalan, misalnya LRT kita rapat dengan Menko Kemaritiman dan Investasi kemarin. Kami video conference juga masalah kereta cepat, itu juga sesuai schedule. Jadi, proyek-proyek dalam take line masih terus berjalan," ungkapnya.

Sampai saat ini untuk hambatan pembebasan lahan tidak mengalami kesulitan yang siginfikan, meskipun wabah pandemi Covid-19 sedang menyerang Indonesia. 

Untuk wilayah di Indonesia yang masuk dalam kategori zona merah Covid-19 terdapat beberapa kendala, tetapi untuk wilayah yang tidak termasuk di kawasan zona merah proyek pembangunan tetap berjalan. 

"Kalau daerah-daerah yang tidak terlalu terpengaruh dengan Covid-19, kegiatan di lapangan juga masih berjalan," kata Sofan Djalil.

Kendati demikian, dalam proses pengerjaan proyek pembangunan infrastruktur utamanya dengan berkoordinasi dengan kementrian terkait, tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah wabah pandemi Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru