Camat Lowokwaru, Imam Badar  saat memakaikan masker pada pengendara yang tak bermasker (Istimewa).
Camat Lowokwaru, Imam Badar saat memakaikan masker pada pengendara yang tak bermasker (Istimewa).

MALANGTIMES - Turut ambil peran memutus rantai covid-19, anak-anak muda di Kota Malang yang tergabung dalam Karangtaruna Kecamatan Lowokwaru bagikan masker, Sabtu (18/4/2020) di depan Taman Krida Budaya Jawa Timur (TKBJ) Kota Malang.

Baca Juga : Meski Bisa Cuci Pakai, Begini Cara Tepat Mencuci Masker Kain Agar Terhindar dari Virus

Ratusan masker juga penyemprotan disinfektan dilakukan dengan menyasar para pengendara motor dan angkutan umum. Terutama mereka yang memang tampak belum mengenakan masker. Karena sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku, masyarakat saat ini disarankan mengenakan masker kain saat beraktivitas di luar ruangan.

Camat Lowokwaru, Imam Badar menyampaikan, kegiatan bakti sosial dengan membagikan masker tersebut sebelumnya telah diinisiasi oleh para pemuda Karangtaruna Kecamatan Lowokwaru. Karena sebelumnya, juga sudah terkumpul donasi berupa masker yang siap disalurkan.

"Dan Alhamdulillah respons masyarakat dan pengendara tadi sangat luar biasa bagus," katanya, Sabtu (18/4/2020).

Pria yang akrab disapa Abi itu menjelaskan, ratusan masker itu dibagikan kepada pengendara roda dua serta sopir angkutan umum. Karena sampai saat ini, masih banyak pengendara roda dua dan sopir angkutan umum yang belum mengenakan masker.

"Dan kalau ada penumpang angkutan umum yang belum kenakan masker juga kami kasihkan maskernya," imbuh Imam.

Selain membagikan masker, menurutnya juga dilakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya mengenakan masker. Selain itu, masyarakat juga diajak untuk mematuhi protokol kesehatan dan menyukseskan upaya memecah mata rantai covid-19.

Karena bagaimana pun juga, tonggak utama yang bisa memutus mata rantai covid-19 ini adalah masyarakat sendiri. Masyarakat pun ia imbau tak banyak beraktivitas di luar jika bukan kegiatan yang sangat mendesak. Sehingga tetap bisa melakukan aktivitas di rumah saja. Sementara jika keluar rumah agar mematuhi protokol kesehatan yang ada.

"Dan sesuai arahan pemerintah dan kepolisian, physical distancing selalu kami sampaikan agar diterapkan masyarakat," tambahnya.

Selain membagikan masker gratis, menurutnya juga dilakukan aksi donor darah oleh PMI Kecamatan Lowokwaru bekerjasama dengan PMI Kota Malang. Donor darah diikuti oleh sekitar 52 orang dan dilaksanakan di Perumahan Widyagama.

Baca Juga : Peduli Covid-19, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Produksi Ribuan Masker Dibagikan Gratis

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Bakti Sosial Karangtaruan Kecamatan Lowokwaru, Moh Sahid menambahkan, ada 250 masker yang dibagikan kepada masyarakat. Terutama pengendara roda dua dan sopir angkutan umum. Kegiatan bagi-bagi masker itu sendiri masih akan dilakukan secara berkala hingga beberapa hari ke depan.

"Akan dilaksanakan secara berkala hingga Rabu mendatang," terangnya.