Whiz Prime Hotel. (Foto: Istimewa)
Whiz Prime Hotel. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Wabah pandemi Covid-19 yang semakin meluas rupanya juga berpengaruh pada pengusaha perhotelan di Indonesia. Bahkan, ribuan hotel juga harus rela menutup usahanya hingga kondisi kedaruratan membaik.

Di Kota Malang, sejak mulai ada pembatasan aktivitas keluar rumah sangat mempengaruhi pengunjung hotel. Hotel Whiz Prime salah satunya yang ikut terdampak akibat kemunculan Covid-19 ini.

General Manager Whiz Prime Hotel Aziz Sismono, menyampaikan jika biasanya jumlah hunian hotel Whiz Prime mencapai 75 persen, selama Covid-19 turun sangat drastis hingga 10 persen saja.

"Biasanya okupansi (hunian) kami 70 sampai 75 persen dan sekarang hanya 10 persen. Hal ini cukup mengurangi bisnis pariwisata perhotelan pada umumnya," ungkapnya.

Namun, pihaknya tak mau serta merta menyerah dan menutup usahanya. Hotel Whiz Prime menawarkan paket khusus di tengah wabah pandemi Covid-19 dengan menghadirkan karantina mandiri bagi masyarakat.

Paket menginap ini disebutnya sebagai WFH atau work from hotel. Tentunya dengan diskon khusus, yakni setiap kamar bisa dipesan dengan harga Rp 3 juta untuk 14 hari.

"Jika WFH itu Work From Home, kalau paket ini kita bisa sebut work from hotel. Jadi kalau bosan isolasi mandiri di rumah, sebagai alternatif variasi work from home bisa dilakukan di hotel. Tentunya dengan suasana yang tak biasa," jelasnya.

Menurut Aziz, paket khusus tersebut disiapkan agar hotel tetap beroperasi selama masa pandemi Covid-19 ini. Pihaknya, tidak ingin dampak yang dirasakan hotel lainnya juga dialami oleh hotel Whiz Prime.

Di sisi lain, paket tersebut diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang sudah merasa bosan selama mengisolasi diri #dirumahaja.

"Kita memutuskan untuk tetap buka. Mengingat kebutuhan karyawan tetap jalan terus sehingga kami tetap buka dalam situasi seperti ini dengan menawarkan paket menarik," imbuhnya.

Sebelumnya, hotel Whiz Prime juga sudah menghadirkan paket menginap selama tujuh hari dengan harga Rp 1,5 juta.

Dengan paket baru work form hotel ini, pengunjung yang menginap akan dihadirkan beragam fasilitas. Di antaranya, tiga liter air mineral, sarapan, jamu empon-empon, dan WiFi berkecepatan tinggi. Bahkan pengunjung juga bisa jika ingin menambah layanan lain seperri makan siang dan makan malam di dalam kamar.

Untuk menu layanan tambahan itu juga disediakan beragam, mulai dari soto, nasi campur, gulai, spaghetti dengan variasi harga mulai Rp 20.000.

Tak hanya itu, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pengelola hotel juga menyediakan hand sanitizer  dan pengecekan suhu tubuh di depan pintu masuk. Semua karyawan wajib menggunakan masker dan sarung tangan.

Kemudian, setiap barang milik tamu yang check in akan disemprot disinfektan. Selanjutnya, untuk setiap kamar yang sudah ditinggalkan oleh penghuninya juga akan disterilkan dan disemprot disinfektan.

Hal tersebut dilakukan untuk membuat pengunjung hotel ataupun karyawan tetap dalam keadaan aman dan nyaman selama berada di hotel Whiz Prime.