Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Hingga Pertengahan April, 4 Kali Tanah Longsor Terjadi di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

14 - Apr - 2020, 18:51

Kondisii tanah longsor di Jalan Kelud Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)
Kondisii tanah longsor di Jalan Kelud Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Bencana tanah longsor hingga Selasa (14/4/2020) di Kota Batu tercatat sudah terjadi empat kalinya. Terbaru bencana tanah longsor itu terjadi di Jalan Kelud Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji.

Baca Juga : Khusus Ojol, Ahok Beri Cashback 50 Persen untuk Pembelian BBM hingga 12 Juli 2020

Pelaksana Tugas (plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tebing di tepi Jalan Kelud, Desa Tulungrejo, menyebabkan tanah longsor. Peristiwa itu, menyebabkan kerusakan badan jalan dengan panjang 7,5 meter, dengan lebar 3 meter, dan ketinggian 14 meter.

Baca Juga : Musim Melaut, Para Nelayan yang Berlabuh di Kabupaten Malang Bakal Disemprot Antiseptik

“Tebing di sana tidak mampu menahan resapan air hujan dan mengalami longsor,” ucapnya. 

Tim BPBD Kota Batu langsung mendatangi lokasi tanah longsor tersebut, lalu memberikan garis pembatas, karena lokasi yang membahayakan berada tepat dipinggi jalan. Sebab sewaktu-waktu bisa kembali terjadi longsor.

“Melihat kondisi yang cukup membahayakan karena berada di tepi jalan sehingga ke depan perlu segera dilakukan pembangunan plengsengan,” ungkap Agung.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Sebelumnya diberitakan, tiga kejadian tanah longsor lainnya terjadi pada Rabu (8/4/2020) di Jalan Rajek Wesi-Klemuk, RT 03/RW 01, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Tanah lonsgor itu terjadi lantaran air tidak dapat menahan resapan air hujan menyebabkan tanah longsor.

Baca Juga : Ditemukan Sepatu, Kaus Kaki, Topi di Dekat Hilangnya Pendaki Gunung di Kota Batu

Sehingga menyebabkan material longsor menutup separuh badan jalan di Jalam Raya Rajek Wesi. Akibatnya tebing mengalami longsor dengan dimensi panjang 18 meter, lebar 7 meter dan tinggi 30 meter. 

Sedangkan dua longsor yang terjadi Desa Sumber Brantas terjadi di Dusun Lemah Putih dan Dusun Krajan Minggu (5/4/2020). Longsor terjadi akibat adanya pergeseran tanah pada saat hujan. 


Topik

Peristiwa batu berita-batu Bencana-tanah-longsor 4-Kali-Tanah-Longsor Jalan-Kelud-Desa-Tulungrejo Kecamatan-Bumiaji BPBD-Kota-Batu-Agung-Sedayu Kota-Batu


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya