Ilustrasi skripsi. (Foto: MBI - Forester Act)
Ilustrasi skripsi. (Foto: MBI - Forester Act)

MALANGTIMES - Publik dihebohkan dengan beredarnya unggahan sebuah foto proposal skripsi berlogo Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah.  Gambar tersebut diduga merupakan proposal skripsi yang dibuat oleh mahasiswa berinisial TZA.  

Tak ayal, unggahan itu menjadi viral dan perbincangan warganet.  Bagaimana tidak, proposal tersebut menulis nama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.  

Proposal skripsi tersebut berjudul "Hak istimewa Luhut Binsar Panjaitan di Setiap Kebijakan Negara dalam Perspektif Hukum Tata Negara". 

NOTCOV- Tangkapan layar skripsi soal Luhut
viral skripsi soal Luhut (foto: IST)

Terkait hal itu, pihak Unsoed pun rupanya tak tinggal diam.  Fakultas Hukum Unsoed mengunggah surat klarifikasi di Instagram pada Kamis (9/4/2020).  

 

 


"Screenshoot/foto/gambar yang saat ini beredar di berbagai platform media sosial bukan proposal skripsi," ujar Dekan Fakultas Hukum Ade Maman.  

Ade Maman menjelaskan bahwa nama yang tertulis di foto itu merupakan mahasiswa aktif Fakultas Hukum Unsoed angkatan 2017.  

Dikatakan Maman, gambar itu adalah cover tugas terstruktur mata kuliah metode penulisan di FH Unsoed.  Yang artinya, gambar itu hanyalah sebuah cover tugas latihan penyusunan proposal skripsi.  

"Gambar yang telah beredar dalam timeline pribadi dilakukan atas inisiatif mahasiswa bersangkutan," ujar Maman. Hingga kini, mahasiswa tersebut belum menyerahkan tugas itu.  

Ia juga memastikan  dosen pengampu mata kuliah itu tak akan menerima dan menyetujui topik tugas yang dibuat.  "Penulisan naskah akademik berdasarkan kebebasan akademik, namun harus tetap menjunjung tinggi etika bangsa Indonesia dan tidak mengarah pada ranah personal," kata Maman.