Presiden Joko Widodo yang beberapa hari yang laku sedang melakukan pengecekan kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. (Foto: Istimewa)
Presiden Joko Widodo yang beberapa hari yang laku sedang melakukan pengecekan kebutuhan fasilitas yang dibutuhkan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Pemerintah Pusat terus mendistribusikan bantuan kebutuhan tenaga medis untuk merawat pasien Covid-19 seiring meningkatnya pasien Covid-19 yang menjangkau seluruh Provinsi di Indonesia. 

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Achmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah mengenai Covid-19, bahwa pemerintah telah melakukan pengadaan baju Alat Pelindung Diri (APD) dengan jumlah yang banyak.

"Kemudian kita sudah mengadakan lebih dari 769.000 APD (Alat Pelindung Diri). Sudah kita bagikan 698.650 kita bagikan ke seluruh Indonesia," ucapnya saat Konferensi Pers di Kantor BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Jakarta, Jumat (10/4/2020).

Achmad Yurianto juga mengatakan, bahwa dari pihak Pemerintah Pusat serta satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 telah menerima laporan dari jajaran Dinas Kesehatan Provinsi serta satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di tingkat Provinsi. 

Achmad Yurianto juga menyebutkan bahwa masih terdapat stok APD yang nantinya akan didistribusikan. "Sementara stok (APD) yang kita miliki untuk siap didistribusikan lebih dari 300.000," ujarnya.

Harapannya APD yang telah d distribusikan oleh Pemerintah Pusat agar dimanfaatkan sebaik mungkin untuk penanganan pasien, khususnya pasien Covid-19 yang berada di Rumah Sakit masing-masing.

Untuk kesiapan Rumah Sakit rujukan Pemerintah yang digunakan untuk kebutuhan pasien Covid-19 terus dilakukan pemenuhan kebutuhan.

"Lebih dari 300 Rumah Sakit rujukan telah ditunjuk dan telah operasional dan kemudian diawaki oleh 35.000 dokter (Baik dokter spesialis, dokter umum, perawat dan pendukung yang lainnya) dan 42.000 tempat tidur," jelas Achmad Yurianto.

Sedangkan untuk pendukung lainnya yang dimaksud adalah para relawan medis dan non medis yang terjaring dalam kesiapan membantu penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyebutkan terdapat belasan ribu relawan.

"Sampai dengan saat ini sudah lebih dari 18.000 relawan medis dan non-medis yang telah menyatakan kesiapannya untuk membantu penanganan Covid-19 ini secara lebih terstruktur lagi," sebutnya.

Tak lupa Achmad Yurianto juga turut mengapresiasi kepada peran serta masyarakat Indonesia yang telah melakukan donasi sukarela untuk membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Yang lebih kita apresiasi lagi adalah donasi yang diberikan dari seluruh masyarakat Indonesia dari seluruh penjuru dunia. Sudah lebih dari 195 Milliar Rupiah kita terima. Terima kasih, amanah ini akan kita jaga sebaik-baiknya," jelasnya.

Untuk diketahui, persebaran Covid-19 per hari ini telah menyebar di 34 Provinsi di Indonesia. Dengan total pasien positif Covid-19 berjumlah 3.512. Selanjutnya pasien yang berhasil sembuh totalnya berjumlah 282 orang. Serta yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini totalnya sebanyak 306 orang.