Foto ilustrasi. (Pixabay)
Foto ilustrasi. (Pixabay)

MALANGTIMES - Grafik penyebaran Covid-19 masih mengalami peningkatan. Berdasarkan rilis resmi terbaru, per Rabu (8/4/2020), pasien positif Covid-19 bertambah 218 orang dalam sehari. Jadi, total ada 2.956 pasien positif. 

Sementara pasien meninggal bertambah 19, menjadi total ada 240 kasus. Pasien positif Covid-19 yang sembuh bertambah 18 kasus, sehingga total 222.

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Hingga saat ini, pemerintah masih menganjurkan masyarakat untuk Work From Home (WFH) dan melakukan physical distancing. Sebagian besar masyarakat pun mengurung diri di rumah.

Masalahnya, masyarakat tidak tahu harus sampai kapan physical distancing ini dilakukan. Sementara, dampak ekonomi akibat wabah ini sangat terasa, terutama bagi kalangan masyarakat bawah. Bahkan para pengusaha pun kini mengencangkan ikat pinggang. Entah sampai kapan.

Sementara hasil prediksi dari Pakar Statistika Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr rer nat Dedi Rosadi SSi MSc, infeksi Covid-19 di tanah air ini akan berhenti pada akhir Mei 2020.

"Dari hasil analisis, pandemi Covid-19 akan berakhir pada 29 Mei 2020 dengan minimum total penderita positif sekitar 6.174 kasus. Dengan intervensi pemerintah, total penderita corona positif minimum di sekitar 6.200 di akhir pandemi pada akhir Mei 2020," beber Guru Besar Statistika UGM tersebut.

Dedi selaku penanggung jawab membuat prediksi pemodelan matematika bersama dengan sejumlah pakar, yaitu Heribertus Joko (alumnus FMIPA UGM) dan Dr Fidelis I Diponegoro (pengarang Worry Marketing sekaligus alumni PPRA Lemhanas RI).

Adapun model yang dibuat dinamai model probabilistik yang berdasar pada data nyata atau probabilistik data-driven model (PPDM).

Melalui model itu, diperkirakan lonjakan tertinggi angka pasien Covid-19 terjadi di sekitar minggu kedua April 2020, yaitu berkisar antara 7 hingga 11 April 2020.

"Penambahan lebih kurang 740-800 pasien per 4 hari dan diperkirakan akan terus menurun setelahnya," ungkap dosen FMIPA ini.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Sementara berdasarkan data yang ada, diperkirakan pandemi akan berakhir lebih kurang 100 hari setelah 2 Maret 2020 atau sekitar 29 Mei 2020. Dengan maksimum total penderita Covid-19 positif adalah sekitar 6.174 kasus.

"Sejak pertengahan Mei 2020, penambahan total penderita sudah relatif kecil," ucapnya.

Mengacu pada hasil ini, Dedi menyarankan, ritual mudik lebaran dan kegiatan tarawih di masjid selama Ramadan ditiadakan.

Intervensi ketat oleh pemerintah melalui parsial lockdown dan penjarakan fisik yang ketat harus terus dilakukan sampai pandemi benar-benar berakhir di awal Juni 2020.

Dia menyatakan, hasil prediksi ini perlu disampaikan mengingat sejumlah hasil prediksi model matematika dinamik terhadap data penderita positif Covid-19 yang cenderung bombastis dan terlalu berlebihan.