Ilustrasi pembuangan bayi (mediabanten)
Ilustrasi pembuangan bayi (mediabanten)

MALANGTIMES - Polsek Sukun hingga saat ini masih terus berupaya untuk mengungkap siapa pelaku pembuangan bayi tak berdosa di Jalan Bandulan 1E, RT 03/RW 04, Kelurahan Bandulan, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada 1 April 2020 lalu.

Kapolsek Sukun, AKP Suyoto menjelaskan, jika pihaknya pasca kejadian langsung melakukan upaya pencarian terhadap pelaku pembuang bayi.

Baca Juga : Edarkan Sabu di Tengah Pandemi Covid-19, Pengedar Asal Malang Dicokok Polisi Blitar

Saat itu, pihaknya berkoordinasi dengan RT RW setempat dan pihak kelurahan untuk mencari data warga yang diketahui sebelumnya atau diketahui masih hamil.

Dari hasil koordinasi tersebut, kemudian sempat terdapat dua orang wanita yang dicurigai hamil di sekitar lokasi. Dari situ, kemudian petugas langsung melakukan pengecekan terhadap yang bersangkutan.

"Tapi setelah dicek, dua orang tersebut ternyata bukan. Dua orang yang dicurigai itu saat ini masih dalam kondisi hamil dan belum melahirkan," bebernya.

Setelah itu, belum berhenti, petugas masih terus melakukan pencarian informasi data warga sekitar yang hamil. Petugas juga terus melakukan pengembangan saksi-saksi mendalami kasus pembuangan bayi malang yang dimasukkan kedalam tas kresek tersebut.

"Tapi kalau dari hasil sementara, dugaan memang ornag dari luar kawasan sini. Kalau daerah sini pasti ketahuan lah," jelasnya.

"Dilihat dari kondisi bayi saat ditemukan memang nampaknya pelaku ini sengaja untuk membuang bayi dengan indikasi yang tak baik (berniat membunuh). Kalau misalkan ingin bayinya ditemukan orang kan, bisa saja tempatnya lebih layak, bayinya bisa diberikan jaket dan lain-lain," tambahnya.

Baca Juga : Usai Bebas Ikut Asimilasi, Residivis Curanmor di Kota Malang Kembali Kambuh

Bukan hanya itu, selain fokus pada pengungkapan pelau pembuangan bayi dikawasan Bandulan Polsek Sukun juga tengah berupaya mengungkap pelaku pembuangan bayi di kawasan Perumahan Bukit Dieng Blok M No 16A RT07/RW05 Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jumat (27/3/2020) pukul 13.30 wib.

Saat ditemukan bayi tersebut diletakkan di samping tempat sampah yang ada di sekitar perumahan. Bayi tersebut ditemukan dimasukan kedalam sebuah tas dengan berbalut jaket merah. Beruntung saat ditemukan bayi tersebut masih dalam keadaan hidup dan kemudian segera dilakukan perawatan lebih lanjut.

"Kalau untuk kasus ini juga masih dalam penyelidikan. Bayinya diserahkan Dinas Sosial," jelasnya.