Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Meski tengah melaksanakan phyiscal distancing, kebugaran tubuh harus tetap dijaga. Salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga ringan di dalam rumah. 

Itu sebabnya, jangan jadikan phyiscal distancing sebagai alasan untuk malas-malasan berolahraga ya.

Baca Juga : Libur Karena Covid-19, Kiper Persita Mulai Bosan

Nah, kali ini MalangTIMES akan menyuguhkan beberapa tips olahraga di dalam rumah yang mungkin bisa dilakukan. 

Selain untuk menjaga kebugaran, tips ini rasanya pas untuk menghilangkan kebosanan saat hanya berdiam diri di rumah.

1. Jumping Jack
 


Olahraga pertama yang bisa dilaksanakan di rumah adalah Jumping Jack. Olahraga ini tak membutuhkan ruang yang terllau luas. Kalian bisa melakukan jumping jack di beberapa sisi rumah.

Olahraga ini terbilang jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Karena akan menggunakan seluruh tubuh. 

Selain itu, jumping jack ini sendiri biasa dilakukan sebagai pemanasan, di mana ia mengaktifkan berbagai kelompok otot dalam tubuh, sekaligus meningkatkan suasana hati Anda. 

Jumping Jack juga sangat cocok untuk dilakukan saat phyiscal distancing seperti sekarang. Karena beberapa menyebut jika olahraga satu ini dapat menekan angka stres. Gimana? Tertarik mencoba?

2. Jogging
 


Jika biasanya jogging dilakukan di luar ruangan seperti mengitari kompleks rumah atau di lapangan olahraga, kali ini lari cukup dilakukan di dalam rumah. Anda bisa melakukan jogging di tempat sembari menonton TV atau mendengarkan musik di saat luang. 

Tentu ini akan sedikit membantu Anda tetap bugar dan menghilangkan lemak saat sering ngemil di rumah.

3. Sit Up dan Push Up
 


Sit Up dan Push Up menjadi salah satu jenis olahraga yang juga sangat dianjurkan untuk tetap dilaksanakan. Tak membutuhkan ruang yang terlalu besar, gerakan sit up dan push up bisa dilaksanakan di ruangan rumah Anda.

Dua gerakan yang paling sering dilaksanakan saat berolahraga ini memang terbilang sangat penting. Salah satunya bisa mengencangkan otot-otot perut Anda yang masih kendur. 

Dua gerakan dalam olahraga ini juga terbilang sederhana. Karena bisa dilakukan tanpa harus menggunakan alat.

4. Angkat Beban
 


Olahraga berikutnya yang bisa dikerjakan di rumah adalah angkat beban. Terutama buat kalian yang memiliki perlengkapannya, jangan lupa untuk tetap dimanfaatkan selama masa phyiscal distancing ini ya. Karena angkat beban akan membuat tubuh kalian lebih segar.

Tapi jangan sedih, untuk yang tak memiliki perlengkapan angkat beban, kalian bisa manfaatkan perlengkapan seadanya di rumah. Coba saja untuk menggunakan ember atau botol bekas yang bisa diisi dengan beberapa komponen.

5. Menari
 


Buat kalian yang hobi menari, nampaknya selama masa phyiscal distancing ini bisa memanfaatkannya untuk menguras keringat. Gerakan dari tarian yang dibuat juga bisa menjadi salah satu cara untuk kalian agar tetap bugar saat tetap berada di rumah. Selain akan membuat bugar, menari akan membuat kalian merasa lebih senang dan sedikit menghilangkan stres karena jenuh.

6. Menaiki Tangga
 


Jangan lupa memanfaatkan tangga di rumah kalian masing-masing. Coba untuk naik turun tangga secara berkala untuk menguras keringat kalian. Sepertinya ini cara yang paling tepat bagi kalian untuk tetap bugar saat tetap di dalam rumah.

7. Yoga
 


Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan di manapun, termasuk rumah. Tak harus denga  instruktur, buat kalian yang doyan yoga pastinya menghafal beberapa gerakan yang selama ini diajarkan. Selain itu, juga bisa memanfaatkan media sosialnseperti youtibe untuk mengetahui gerakan yang tepat.

Tapi ingat, jangan mmebuat gerakan ekstrem buat kalian yang masih pemula. Olahraga ini akan meringankan beban stress kalian, karena yoga merupakan aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik.

Nah, itu sedikit tips olahraga di dalam rumah yang mungkin bisa kalian coba selama masa physical distancing. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.