Indomaret Sarangan pertama kali yang ada di Kota Malamg, terletak di Jalan Sarangan, Lowokwaru, Kota Malang.
Indomaret Sarangan pertama kali yang ada di Kota Malamg, terletak di Jalan Sarangan, Lowokwaru, Kota Malang.

MALANGTIMES - Jika melihat toko ritel dengan plang nama warna merah, biru, kuning di benak kita akan tertancap nama Indomaret, yang merupakan minimarket terbesar di Indonesia. 

Tak dapat dipungkiri bila kemudian Indomaret menjadi model peritel, toko masyarakat Indonesia. Segala keperluan sehari-hari tersedia di Indomaret. Inovasi terus dilakukan oleh Indomaret untuk memenuhi gaya hidup dan kemudahan serta kepraktisan belanja masyarakat.

Indomaret pertama kali dibuka di Indonesia, yakni bertempat di kawasan Ancol, Jakarta oleh putra-putri terbaik Indonesia pada Bulan November 1988, yang dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Indomaret terus tumbuh dan berkembang, hngga akhirnya pada tahun 1997, Indomaret resmi diwaralabakan. Masyarakat dapat memiliki Indomaret dengan pola waralaba.


Sejarah Indomaret di Kota Malang

Indomaret mengembangkan usahanya di Kota Malang dan pertama kali membuka gerai pertamanya di Jalan Sarangan Nomor 42 A Lowokwaru – Kota Malang, tepatnya pada tanggal 22 April 2000. Lebih dikenal dengan sebutan Indomaret Sarangan, karena berada di Jalan Sarangan. Jika kalian berada di pusat tengah kota, Alun-Alun Merdeka Kota Malang, kalian langsung saja menuju kearah Utara sekitar 2.8 kilometer dan menemukan pertigaan besar. Setelah itu berbelok ke kiri menuju Jalan Raya Sarangan lurus terus kearah Barat sekitar 450 meter, di sebelah kanan jalan akan kalian temukan gerai Indomaret Sarangan yang pertama kali ada di Kota Malang. 

Setelah berjalan dan berkembang, 10 tahun kemudian Indomaret juga membuka Kantor PT. Indomarco Prismatama Cabang Malang, tepatnya di Jalan Mayjen Sungkono Nomor 99 Buring-Kota Malang.

Dengan adanya Indomaret yang terbilang baru pada awal-awal tahun 2000 di Kota Malang, banyak masyarakat yang terbantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan kebutuhan mendadak sekalipun dapat terpenuhi, karena Indomaret Sarangan buka 24 jam.

Keberadaan Indomaret di Sarangan lambat laun telah mengubah kawasan yang dulunya sepi menjadi ramai. Banyak bermunculan tempat-tempat makan dan usaha-usaha lainnya di sekitar kawasan tersebut, yang menunjukkan bahwa Indomaret mempunyai peran penting atas pergerakkan roda perekonomian setempat.

Pelataran depan Indomaret Sarangan yang juga sesekali terdapat gerobak bakso singgah untuk menunggu pelanggan, juga turut terbantu dengan adanya Indomaret di kawasan Jalan Sarangan. Karena juga nampak sesekali konsumen yang keluar dari Indomaret Sarangan mampir untuk menikmati seporsi bakso yang cukup nikmat. Hal inilah yang juga merupakan contoh nyata atas peran serta Indomaret dalam menggerakkan roda perekonomian setempat.

Setelah dua tahun beroperasi, di tahun 2002 PT. Indomarco Prismatama membuka tiga gerai baru yang tersebar di tiga Kecamatan yang berbeda di Kota Malang, yakni wilayah Kecamatan Lowokwaru, Blimbing dan Klojen. Ini merupakan keseriusan Indomaret untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Malang.


Tiga Gerai Indomaret Dibangun di Tahun 2002

Keseriusan yang dilakukan oleh Indomaret adalah dengan membuka tiga gerai baru di tahun 2002, yakni Indomaret Sigura-gura 1, Indomaret PBI dan Indomaret Kasin Jaya. Ketiga penempatan gerai Indomaret ini dalam rangka upaya Indomaret untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Indomaret Sigura-gura 1 berdiri pada tanggal 28 Februari 2002, yang lokasinya berdekatan dengan kawasan pendidikan, membuat banyaknya konsumen dari kalangan mahasiswa, siswa , dan lain-lain.

( Indomaret Sigura-gura )

Sedangkan untuk Indomaret Kasin Jaya berdiri pada tanggal 25 Juni 2002 yang ditempatkan di tengah-tengah Kota Malang berdekatan dengan Alun-Alun Kota Malang, membuat banyaknya konsumen dari Indomaret Kasin Jaya adalah masyarakat umum. 

( Indomaret Kasin Jaya )

Untuk Indomaret PBI (Pondok Blimbing Indah) sendiri berdiri pada tanggal 30 Juli 2002 dan di tempatkan di sebuah kawasan perumahan elit di Kota Malang untuk memenuhi kebutuhan khususnya untuk masyarakat yang ada di kawasan perumahan tersebut.

( Indomaret Pondok Belimbing Indah )


Kontribusi Nyata Indomaret

Mengenai sistem perekrutan karyawan yang diterapkan, Indomaret lebih mengedepankan tenaga kerja lokal. 

"Tim melakukan penjaringan mengutamakan SDM (Sumber Daya Manusia) lokal yang bekerjasama. Calon karyawan yang memenuhi standar kemudian diberikan training atau pelatihan kerja," ujar Aldwin Rindra Djoenaedy selaku Branch Manager PT. Indomarco Prismatama Cabang Malang.

Dari perekrutan karyawan yang mengedepankan SDM lokal, Indomaret terbukti selalu dipercaya oleh masyarakat Kota Malang. Indomaret juga melakukan aksi nyata dalam mengentaskan pengangguran. Terbukti hingga sampai saat ini sudah lebih dari 4.000 karyawan yang bekerja di Indomaret Malang. Hal ini membuktikan peran serta Indomaret dalam menyediakan lapangan kerja.

Hingga sampai saat ini, tercatat total jumlah gerai Indomaret di Malang terdapat 140 toko dengan 40% nya adalah toko waralaba. Pengembangan toko selaras dengan visi Indomaret yakni, menjadi aset nasional dalam jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global.

"Maka Indomaret terbuka lebar dimiliki masyarakat dengan pola waralaba," tandas Aldwin.

Dasar kerja sama waralaba adalah saling percaya dan saling menguntungkan. Dengan ini Indomaret juga turut serta dalam meningkatkan SDM dalam berwiraswasta dalam kerja sama usaha Indomaret. Tidak hanya fokus berusaha, Indomaret pun merangkul UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk tumbuh berkembang bersama. Pelaku UKM diberi peluang menjual produknya di Indomaret maupun langsung berdagang di halaman Indomaret.

Agar pelanggan nyaman dan praktis belanja, Indomaret menyediakan layanan pembayaran payment point pembayaran, seperti tiket kereta api, listrik, telepon, air, angsuran sepeda motor, pajak sepeda motor bekerjasama dengan Kepolisian. Dengan I-SAKU (uang elektronik) dan lebih dari 716 layanan pembayaran, transaksi menjadi lebih mudah, praktis dan efisien.

Gerai-gerai Indomaret di Kota Malang memberikan manfaat banyak dalam perputaran perekonomian di Kota Malang. Indomaret pun mempunyai program kerja yang diperuntukkan pada masyarakat secara luas. Sebut saja bedah rumah, serta banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan melalui program CSR (Corporate Social Resposibility). Kerja sama juga dilakukan dengan Pemerintah Kota Malang, seperti acara Funbike-Marathon, Bazar Murah dan Mudik bareng Indomaret. 

Kerja sama dengan instansi untuk pemenuhan pelayanan pada masyarakat, PLN untuk pembayaran tagihan listrik, PDAM untuk pembayaran tagihan air, BPJS untuk pembayaran angsuran, PT. KAI untuk pembayaran tiket kereta api, serta Kepolisian untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor. Indomaret terus melakukan inovasi dalam layanan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat, sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Dengan bermunculan gerai-gerai lain, menjadi tantangan Indomaret untuk meningkatkan kualitas layanan yang prima pada konsumen termasuk kaum millennial, agar dapat memenuhi alternatif pilihan belanja,” pungkas Aldwin kepada pewarta.