Toyota Rush yang dipajang di Matos dalam event Funfest 2020 (Hendra Saputra)
Toyota Rush yang dipajang di Matos dalam event Funfest 2020 (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Merebaknya Covid-19 atau virus Corona di Indonesia membuat kekhawatiran sendiri bagi produsen mobil Toyota terhadap penjualannya.

Salah satunya yang dikhawatirkan Auto2000 Malang Sutoyo.

Selain menggangu aktivitas pendidikan dan olahraga, Corona setidaknya juga menggangu penjualan otomotif. 

Tapi beberapa cara juga sudah dilakukan demi meningkatkan penjualan di tahun 2020 ini.

Kepala Cabang Auto2000 Malang Sutoyo, Gede Arimbawa mengatakan saat ini ada sedikit kendala untuk dapat memacu penjualan karena kenaikan bea balik nama (BBN) dari 10 persen menjadi 12,5 persen oleh Pemprov Jatim.

Kenaikan itu sangat berpengaruh pada konsumen mobil Avanza dan Low Cost Green Car (LCGC) yang cukup sensitif pada penaikan tarif pajak.

"Yang dikhawatirkan juga merebaknya virus corona, namun diharapkan, segera dapat teratasi dengan baik dan tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi, terutama pada penjualan mobil," kata Gede Arimbawa. 

Sementara itu, Area Coordinator East Java PT. Toyota Astra Motor (TAM) Adrian Permana mengatakan ada beberapa antisipasi untuk menggenjot penjualan Toyota meski saat ini banyak isu Corona yang menyebar.

"Kita melihat isu Corona ini bisa menjadi berdampak pada customer-customer. Salah satunya menjadikan customer-customer kita ini enggan keluar dari rumah," ujar Adrian Permana.

"Kita memiliki banyak channel yang bisa memudahkan customer untuk beli enggak harus keluar rumah. Apabila customer ada kebutuhan sebenarnya cukup kontak kita saja, salesman kita sendiri bisa datang," imbuhnya.

Disisi lain, di beberapa stand pameran atau Funfest 2020 yang saat ini digelar di 10 kota di Indonesia, Toyota telah menyiapkan pencegahan.

"Bila ada customer yang takut ke expo karena isu Corona, kita sudah melakukan pencegahan. Di stand, setiap salesman kita yang ke sini kita cek suhu dan lain-lain, ada tim khusus cek suhu yang kita sediakan. Kita juga selalu sediakan hand sanitizer dan lain-lain, kita ingin customer juga nyaman datang ke expo," imbuhnya.

Sementara itu, dalam event Toyota Funfest 2020 di Malang Town Square (Matos) Kota Malang, Toyota menawarkan spektakuler rate cicilan super ringan, yakni 3,68 persen termasuk asuransi all risk di Toyota Authorized Dealer, hadiah langsung gift card Rp 2 juta, dan cashback mencapai Rp. 3 juta untuk pembelian unit Toyota.

"Penjualan expo di Malang ini kami targetkan lebih naik dari yang tahun kemari di even November. Kita sekarang menargetkan 260 unit SPK (surat pemesanan kendaraan). Tidak menutup kemungkinan kita akan menambah di atas itu," pungkas Adrian.