3 Pondok Pesantren Modern di Malang Favorit Orang Tua Siswa Tahun Ini

Mar 13, 2020 15:30
Tazkia IIBS. (Foto: Tazkia)
Tazkia IIBS. (Foto: Tazkia)

MALANGTIMES - Tahun ajaran baru bakal tiba, tentunya ini akan menjadi momen ketika para lulusan SD atau SMP beserta orang tua mencari sekolah maupun pondok pesantren terbaik. Bagi wali murid yang mencari pondok pesantren di kawasan Malang Raya tentunya pusing dengan beragam pilihannya.

Tiga pondok pesantren favorit yang ada di Malang Raya ini mungkin bisa menjadi rekomendasi para wali murid. Lalu di mana saja ke tiga pondok pesantren tersebut?

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Yakni Al Izzah International Islamic Boarding School di Desa Sumberejo, Kecamatan Batu. Lalu Al Hikmah Boarding School Batu di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji. Dan Tazkia Islamic International Boarding School Landungsari, Kecamatan Dau. 

Al Izzah International Islamic Boarding School

Untuk Al Izzah International Islamic Boarding School biaya awal masuk terdapat dua pilihan, sesuai infaq pilihan pertama Rp 42.800.000. dan kedua Rp 46.300.000. Fasilitas yang diberikan pun tentunya terbaik pagi pelajar di sana. 

“Biaya itu sama untuk jenjang SMA/SMP,” kata Vidian Ade Maulidi, Bagian Sekretariat dan Humas Al Izzah International Islamic Boarding School

Dengan harga tersebut tentu fasilitas yang diberikan pun terbaik. Selain asrama ada juga ruang UKS beserta fasilitasnya. Masjid dengan kapasitas 1.200 orang, perpustakaan yang memadai juga dengan isinya. 

“Saat ini terdapat asrama yang masing-masing kamar itu bisa diisi dengan 8 putra. Sedangkan yang di asrama putri bisa diisi 10 orang,” jelasnya.

Ada juga lapangan atau lahan khusus super camp. Dapur dan ruang makan, sarana laundry seragam, ruang kantin, dan saran pembelajaran rekreatif-edukatif. Termasuk Area green house dan  fasilitas internet yang memadai.

Lalu ada pusat media informasi dan teknologi, hingga sentra-sentra pendukung pembelajaran seperti gazebo-gazebo untuk kelas terbuka. Laboratorium fisika, laboratorium biologi, kimia, bahasa, dan komputer. 

Bagaimana ketertarikan para santri dan wali murid? Tentunya banyak para calon pendaftar dari berbagai daerah di Indonesia berebut kuota agar bisa masuk di sana. 

“Melihat tahun-tahun sebelumnya yang mendaftar jumlah 1 banding 2 untuk yang putra dan 1 banding 3 untuk yang putri. Karena memang yang putra ini juga baru jalan 2 tahun terakhir,” imbuh alumni Universitas Brawijaya Malang ini.

Terkait dengan prestasi jangan diragukan lagi sebab setiap tahunnya hasil ujian nasional santri Al Izzah ini menyumbangkan hasil yang terbaik. 

“Untuk saat ini banyak prestasi dari putri karena yang putra masih baru. Dari putri prestasi banyak akademik dan non akademik beberapa alumni kami mendapatkan posisi mentereng dalam UN Malang Raya, Jawa Timur hingga nasional,” jelas Vidian.

Beberapa prestasi yang baru-baru ini diraih yakni prestasi santri SMP yang menyabet medali perak Olimpiade Matematika Anak Bangsa tingkat Jawa Timur oleh Andini Salsabiila. Juga medali perak Olimpiade Matematika Anak Bangsa tingkat Jawa Timur diraih oleh Airlia Sabitha.

Juara 2 Story Telling MTC Khadijah tingkat Jawa Timur diraih oleh Vika Romadhotul. Juara 2 Lomba Melukis Pesona Alam tingkat Malang Raya diraih oleh Tania Tanujaya. 

100 besar penulis muda tingkat Nasional dgn karya cerpen berjudul "Pemilik Nyawa Terakhir" diraih oleh Nur Fathya Aulia Azzahra.

Juara 1 Spelling Bee oleh Kinesha Rana SMP Al Izzah Juara Umum. Juara Harapan 1 Olimpiade Geografi Tingkat Jawa Timur diraih oleh Zakiya Faya Mansyur. Dan masih segudang prestasi lain yang diraih santri.

Tazkia Islamic International Boarding School

Salah satu pondok pesantren modern di Malang yang menjadi favorit orang tua siswa adalah Tazkia International Islam Boarding School (IIBS). Pondok modern yang berlokasi di Jalan Tirto Sentono No. 15, Dau, Malang ini memiliki gedung yang mewah dan bersih. 

Tamannya indah. Ruang kelasnya asyik dan tidak membosankan karena catnya berwarna-warni. Terdapat kamar mandi di setiap kelas dan loker untuk anak. Tempat makan juga bersih dan rapi.

Tidak seperti pondok kuno yang setiap kamarnya dihuni sampai 20 orang, setiap kamar di Tazkia ditempati oleh 8 santri. Tempat tidur yang disajikan adalah tempat tidur susun. 

Setiap kamar juga mempunyai kamar mandi sendiri. Selain itu, terdapat fasilitas laundry untuk mencucikan seragam santri.

Keistimewaan Tazkia yang lain adalah kurikulumnya. Tazkia menggunakan 3 kurikulum, yakni kurikulum Nasional, Cambrige, dan kurikulum Al-Azhar.

"Jadi misalnya nanti si anak berminat ke Al-Azhar untuk kuliahnya itu sudah bisa langsung, tanpa ada penyetaraan karena kurikulum yang digunakan sama," ujar bagian Humas Tazkia Abdul Jalil Mursyid.

Lantaran menggunakan kurikulum Al-Azhar, terdapat pula target tahfiz atau hafalan Alquran 7 juz selama 3 tahun.

Uniknya lagi, saat jenjang SMA, Tazkia tidak hanya menyediakan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Melainkan ditambah dengan 5 jurusan, yakni ulama, scientistpreneur, entrepreneur, CEO, dan professional.

Ulama untuk santri yang ingin terjun di bidang keislaman, scientristpreneur dan entrepreneur untuk santri yang ingin melanjutkan ke jenjang umum, CEO untuk menyiapkan santri yang akan membawahi perusahaan, sedangkan professional untuk santri yang ingin melanjutkan bidang kedokteran, militer, atau kepolisian. 

"5 penjurusan itu anak-anak yang memilih. Kemudian nanti akan dispesifikkan, kira-kira kampus mana yang cocok buat si anak ini. Jadi pemetaan terkait perguruan tinggi, si anak ini mau sekolah dalam ataupun luar negeri itu sudah mulai awal kelas 10," papar Jalil

Misal, jurusan entrepreneur. Tazkia sudah bekerjasama dengan kampus di Jepang yang memiliki jurusan entrepreneur dengan kelas internasional. Untuk itu, santri akan diarahkan ke sana.

Baca Juga : Siswa yang Tak Punya Akses Internet Mulai Senin Belajar Lewat TVRI

Sementara untuk jenjang SMP, anak-anak diberikan life skill seperti berkuda, memanah, berenang, cooking, fotografi, dan lain-lain.

Ada juga fasilitas khusus yang diberikan Tazkia kepada anak yang mau serius mengambil tahfiz Alquran.

"Misalnya, si anak ini mau serius hafalan 30 juz maka akan difasilitasi, seperti di-drill, kemudian kalau diperlukan kamarnya bisa dijadikan satu," jelasnya.

Dengan keunggulan-keunggulan sebanyak itu, maka tidak kaget bahwa biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke Tazkia cukup besar dibandingkan pondok lain.

Untuk pendaftaran dibutuhkan uang Rp 750 ribu. Setelah mendaftar dan dinyatakan diterima, ada pembiayaan yang wajib dibayarkan di awal, yakni sekitar Rp 50 juta. Rp 50 juta ini untuk keseluruhan kebutuhan santri, seperti seragam, SPP bulan pertama, buku, life skill bulan pertama.

Sementara SPP perbulannya Rp 3,5 juta. Itu sudah termasuk laundry seragam, uang makan, uang asrama dan akademik.

Namun perlu dicatat, untuk mendaftar di Tazkia perlu dilakukan 3 sampai 4 tahun sebelum anak masuk. Sistem ini disebut sebagai sistem inden.

"Jadi kalau misalnya ke jenjang SMP itu bisa mendaftar dari kelas 2 SD untuk ujian SMPnya. Untuk ke SMA bisa mendaftar dari kelas 6 SD untuk ujian SMAnya. Jadi jaraknya 3 sampai 4 tahun sebelum si anak ini masuk," terang Jalil.

Sistem ini diterapkan karena mondok berkaitan dengan masalah mental si anak dan orang tua. Untuk itu, perlu dipersiapkan jauh-jauh hari.

Pendaftaran dilakukan secara online. Apabila sudah mengisi data dan masih ada kuota maka anak akan dipanggil untuk tes.

"Untuk saat ini kita yang masih available itu 2024-2025," timpalnya.

Tesnya sendiri ada 5, yakni hafalan Alquran (bergantung dari bekal hafalan si anak), membaca Alquran, interview santri dan wali santri, psikotes, dan kesehatan.

"Dari kelima tes itu kemudian nanti akan disimpulkan apakah sesuai dengan standar kami ataukah tidak," timpalnya.

Nah, sembari menunggu hari di mana anak mulai mondok (posisi sudah diterima), akan ada pembinaan dari Tazkia ke calon santrinya dalam bentuk ada namanya Islamic Super Camp (ISC). Calon santi akan live in di Tazkia selama 2 hari 1 malam. Selama 2 hari 1 malam itu, mereka akan menjalani seluruh aktivitas sebagaimana layaknya santri.

Dengan adanya ISC ini, calon santri akan mengenal teman-teman seangkatannya. Jadi ketika sudah masuk, adaptasinya tidak terlalu lama dan si santri akan betah.

Tazkia memiliki kuota terbatas setiap angkatannya. Santri putri hanya 75 anak di SMP maupun SMA. Sementara santri putra berjumlah 100 di SMP maupun SMA.

Dari 75 itu nanti akan menjadi 3 kelas. Kalau di putra jadi 4 kelas. Jadi, satu kelasnya hanya 25 orang saja.

Dengan sistem pendidikan yang seperti itu. Banyak sekali prestasi yang ditorehkan oleh santri-santri Tazkia. Yang terbaru di tahun 2020 ini, salah satu santri meraih medali perak dalam World Mathematic Olympiad (WMI) di Australia. Selain itu, ada pula beberapa prestasi di tingkat nasional.

Al Hikmah Boarding School

Untuk pondok pesantren Al Hikmah Boarding School Batu di Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji menawarkan sekolah yang tidak kalah favoritnya. Terlebih di sana memberikan fasilitas kepada santrinya terutama dengan desain gedungnya.

Gedung yang baru berdiri selama 2 tahun itu memiliki konsep layaknya bangunan yang ada di luar negeri. Untuk saat ini para santri tidak tinggal di dalam asrama melainkan di cottage

Di Al Hikmah memiliki beberapa cottage, untuk satu kamarnya diisi 4 santri yang dilengkapi dengan dua kamar mandi. Lalu beragam fasilitas olahraga mulai dari voli, sepak bola, basket, dan sebagainya dengan dikelilingi taman yang hijau juga bunga berwarna-warni. 

Kemudian untuk masalah belajar mengajar, para santri tidak perlu lagi membawa buku alias menggunakan laptop. Masing-masing santri itu dibekali laptop setiap mata pelajarannya.

“Kami di sini sistemnya sudah tidak menggunakan buku lagi. Pembelajaran online, anak-anak datang bawa laptop selesai pukul 16.00 WIB dikembalikan,” ungkap Marketing PPDB, Purnomo Hidayat. 

Animo para pendaftar di Al Hikmah pun tidak kalah banyaknya dari berbagai daerah. Pada Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2020 ini biaya infaq Rp 45 juta, DPP per tahun Rp 10,5 juta, dan BPP per bulan Rp 4,5 juta sehingga totalnya Rp 60 juta. 

“Dan biaya itu untuk masuk SMP atau SMA sama. Untuk saat ini kami hanya membuka untuk putra. Karena masih dalam pembangunan gedung, nantinya tentu kami akan dikembangkan juga untuk putri,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita Malangberita malang hari iniPondok Pesantren ModernPondok Pesantren Modern di MalangPondok Pesantren FavoritPondok Pesantren di malangrekomendasi pondok pesantrenAl Izzah International Islamic Boarding SchoolTazkia Islamic International Boarding SchoolAl Hikmah Boarding School

Berita Lainnya

Berita

Terbaru