Foto: LTMPT (istimewa)
Foto: LTMPT (istimewa)

MALANGTIMES - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2020 kini telah dibuka. Jadwal pendaftaran dimulai hari ini (Jumat, 14 Februari 2020) sampai 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

"Siswa yang dinyatakan eligible dimohon memperhatikan kerangka waktu pendaftaran SNMPTN tersebut," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih dalam keterangan resminya, Jumat (14/2/2020).

Berikut langkah-langkah pendaftaran SNMPTN tahun 2020.

1. Siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan Akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

2. Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.

3. Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 program studi dalam 1 PTN, (b) memilih masing-masing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.

4. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

5. Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.

6. Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

7. Siswa mengisi data ketunaan apabila diperlukan.

8. Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

9. Siswa melakukan Finalisasi Pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah Finalisasi dan Cetak Kartu, Siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

Nasih menyebut Pendaftaran SNMPTN dianggap selesai apabila siswa sudah mencetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN.

"Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi SNMPTN 2020," jelas Nasih.

Sementara siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.

Daftar Universitas Negeri di Malang

1. Universitas Brawijaya (UB)

Kampus utama Universitas Brawijaya (UB) terletak di Jalan Veteran Kota Malang. UB mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menurut SK nomor 328/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tertanggal 4 Desember 2018. UB menduduki peringkat peringkat 6 (se-Indonesia) dan 1357 (sedunia) versi Webometrics.

Website resmi: https://ub.ac.id/id/

2. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) berlokasi di Jalan Semarang No 5 Kota Malang. UM mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menurut Nomor SK KH-002/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/X/2019 tertanggal 09 Oktober 2019. UM menduduki peringkat peringkat 42 (se-Indonesia) dan 3979 (sedunia) versi Webometrics.

Website resmi: https://um.ac.id/

3. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki/UIN Malang)

Kampus utama Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki/UIN Malang) terletak di Jalan Gajayana No 50, Dinoyo, Kota Malang. UIN Malang mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menurut Nomor SK 166/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019 tertanggal 09 April 2019. UIN Malang menduduki peringkat peringkat 47 (se-Indonesia) dan 4219 (sedunia) versi Webometrics.

Website resmi: https://www.uin-malang.ac.id/

4. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)

Kampus Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) terletak di Jalan Soekarno Hatta No.9 Kota Malang. POLINEMA mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi menurut Nomor SK 409/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 tertanggal 19 Desember 2018. POLINEMA menduduki peringkat peringkat 69 (se-Indonesia) dan 5103 (sedunia) versi Webometrics.

Website resmi: https://www.polinema.ac.id/