Foto jepretan fotografer MalangTIMES Yogi Iqbal Rizkiawan yang berhasil menyabet juara 1 lomba foto yang digelar Disparbud Kab Malang dan PFI Malang
Foto jepretan fotografer MalangTIMES Yogi Iqbal Rizkiawan yang berhasil menyabet juara 1 lomba foto yang digelar Disparbud Kab Malang dan PFI Malang

MALANGTIMES - Kendati mengaku baru pertama kali mengikuti lomba fotografi, fotografer sekaligus videografer malangtimes.com, Yogi Iqbal Rizkiawan berhasil menyabet juara 1 dalam lomba foto yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Malang. Yogi berhasil mengalahkan ratusan peserta se-Indonesia dalam lomba foto bertajuk Ayo Liburan ke Malang tersebut .

Foto Yogi yang dipilih sebagai juara 1 oleh juri adalah foto dua anak kecil yang sedang asyik bermain bola berjalan atau bola air berjalan di atas danau di Eco Wisata Boon Pring.

Yogi menyampaikan, pengambilan foto itu pada saat ia liputan di tempat wisata di Turen. "Waktu itu ada liputan di Boon Pring. Lalu kebetulan ada anak main bola. Saya foto saja. Dan momennya pada saat itu memang pas. Riak air tampak nyata," paparnya, Senin (27/1/2020).

Yogi mengakui, kelebihan dari foto tersebut ialah momennya yang tepat. Ia menjelaskan, disamping skill, penting baginya sebagai fotografer jurnalis untuk bisa memanfaatkan momen dengan baik.

Selain foto si Boon Pring tersebut, foto Yogi yang lain juga mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam nominasi 10 besar. "Foto yang kedua di Sumber Sirah," imbuhnya.

Foto Fotografer MalangTIMES Yogi IR yang masuk ke dalam nominasi 10 besar.

Pria kelahiran Lumajang, 25 September 1999 ini mengaku berminat pada fotografi jurnalistik pada saat ia bergabung dalam MalangTIMES. Selain itu, ia juga kerap mengikuti workshop jurnalistik yang menambah kecintaannya dalam bidang fotografi jurnalistik.

"Senang foto jurnalistik semenjak gabung MalangTIMES. Lalu biasa kumpul wartawan dan mengikuti workshop jurnalistik. Jadi makin senang," ungkapnya.

Selain fotografi jurnalistik, Yogi mengaku ia ingin mendalami fotografi model dan fotografi travel.

Ditanya soal fotografer panutannya, Yogi mengaku mengidolakan fotografer kawakan Arbain Rambey. Fotografer kelahiran Semarang, 2 Juli 1961 ini telah lama eksis di jagat fotografi. Sosok Arbain merupakan salah satu contoh jurnalis yang menguasai penulisan dan fotografi sekaligus. Pernah menjabat redaktur foto di harian Kompas. Berbagai lomba fotografi telah dimenangkan baik event dalam maupun luar negeri. Saat ini Arbain Rambey aktif berkeliling Indonesia untuk mengabadikan momen alam dan budaya Indonesia dengan kamera dan drone.

"Sosok Arbain Rambey juga menginspirasi saya. Jadi ke depannya kalau ada lomba foto saya kepingin ikut lagi," tandasnya.