Tampilan Kastil berbahan 100 persen organik di Rumania (Foto: dok. Castelul de Lut Valea Zanelor)
Tampilan Kastil berbahan 100 persen organik di Rumania (Foto: dok. Castelul de Lut Valea Zanelor)

MALANGTIMES - Biasanya kastil bak negeri dongeng dibangun dengan desain super mewah dengan ornamen emas ataupun bahan baku super mahal, yang satu ini berbeda. Di tengah maraknya kampanye ramah lingkungan, mulai dari busana, sepatu hingga tas yang banyak menghadirkan produk organik, kastil-pun demikian.

Sebuah bangunan kastil di Rumania ini benar-benar 100 persen terbuat dari bahan dasar organik. Razvan dan Gabriela Vasile, pasangan asal Transylvania pemilik kastil ala negeri dongeng yang keren ini.

Dilansir dari berbagai sumber, bahan organik yang digunakan dalam pembuatan kastil tersebut seperti tanah liat, jerami, pasir, kayu, pilar, dan tulang. Bahkan, bangunan ini sama sekali tidak menggunakan cat ataupun pernis modern.

Diberi nama 'Castelul de Lut atau Clay Castle', sekilas kastil ini nampak layaknya rumah hobbit. Bangunan indah ini berada di sebuah tempat bernama Valea Zanelor atau Lembah Faries. Terletak di jantung Pegunungan Fagaras di Rumania, wilayah ini juga dikenal sebagai Lembah Para Peri.

Terdapat 10 ruangan dalam kastil unik ini, dan untuk menjaga suhu ruangan pada setiap kamar diberikan fasilitas perapian untuk menghangatkan badan ketika musim dingin tiba melalui pembakaran kayu tradisional.

Kastil ini juga tidak menggunakan alat pendingin ruangan atau penghangat elektronik dan sejenisnya, karena disinyalir dapat merusak ekologi. Bangunan ini juga tampak semakin indah saat salju turun.

Meski sudah dibangun sejak 2014 silam, namun kastil ini belum dijadikan sebagai hotel. Tapi, para wisatawan tetap bisa berkunjung dan menikmati pemandangan indah dari Carpathian Mountains yang diselimuti warna putih.