Sepatu berbahan kulit ceker ayam. (Foto: instagram @hirka.official)
Sepatu berbahan kulit ceker ayam. (Foto: instagram @hirka.official)

MALANGTIMES - Kreasi para desainer sepatu memang semakin beragam. Termasuk desainer sepatu lokal. Saat ini bahkan produk-produk sepatu lokal semakin digandrungi peminat karena modelnya tak kalah keren dengan sepatu mahal khas internasional.

Beberapa di antaranya memang banyak yang mengampanyekan gerakan ramah lingkungan. Tapi, rupanya untuk hal itu bukan soal limbah plastik saja lho. Sebab, salah satu desainer sepatu asal Bandung ini berinovasi membuat sepatu berbahan dasar kulit ceker ayam pertama di dunia.

Hasilnya tentu epik. Tak kalah dengan sepatu yang beredar di pasaran. Bernama Hirka Shoes, si pemilik Nurman Farieka Ramdhani berhasil mengubah bahan yang sering dijadikan limbah itu menjadi sepatu yang punya nilai tinggi.

Dari apa yang dibuatnya, Nurman menghadirkan empat jenis sepatu. Sepatu-sepatu itu sekilas memang tampak seperti sepatu umum lainnya. Dua model kasual bernama Tafiaro lebih memiliki kesan klasik. Sedangkan Jokka menampilkan kesan santai untuk menjalani hari-hari kalian dalam beraktivitas.

Kemudian, pantofel bertali diberi nama Ballawan, yang membuat penampilanmu saat memakainya terlihat keren. Bisa dipadukan dengan kemeja dan jas atau rompi saat tengah menghadiri acara resmi.

Lalu, ada juga desain slip on, Senjana. Meski sepatu ini terkesan resmi, bakal membuat pemakainya terlihat santai dan elegan.

Dilansir dari berbagai sumber, selain digemari di Indonesia, sepatu ceker ayam ini juga menembus pasar dunia seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Brazil, Prancis, Inggris, dan Turki.

Tertarik mengoleksinya? Setiap pasang sepatu dibanderol harga yang beragam. Mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 6 juta per pasang.