Selain Dimakan, Tempe ternyata Bisa Dibuat Masker dengan Beragam Kelebihan untuk Kulit

MALANGTIMES - Selama ini tidak banyak orang tahu manfaat lain salah satu makanan olahan dari fermentasi biji kedelai yakni tempe. 

Selain dikonsumsi menjadi beragam menu, tempe juga dapat digunakan sebagai bahan baku perawatan kecantikan tubuh.

Kenapa tempe dapat bisa menjadi bahan baku perawatan? 

Sebab di dalam tempe itu memiliki kandungan polyphenols yang merupakan sumber antioksidan yang berfungsi melindungi kulit dari proses penuaan dini.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Indonesian Tempe Movement, para peneliti menemukan zat yang dapat membuat tubuh lebih cerah dan antiphotoaging agent.

Kemudian tempe juga membuat kulit lebih kenyal dan kencang. Dikarenakan kandungan protein di dalam tempe sangat tinggi.

Selain itu tempe juga dapat mengatasi jerawat secara ampuh. Lalu kedelai terbukti secara medis memiliki khasiat meningkatkan produksi estrogen.

Melalui estrogen akan melawan efek samping dari penumpukan testosteron, salah satunya merupakan penyebab munculnya jerawat. 

Ketika kadar estrogen dalam tubuh dalam batas normal, secara berkala wajah akan kembali bersih dari jerawat dan kadar minyak pada wajah juga akan berkurang.

Agar dapat memanfaatkan tempe ini, bisa aplikasikan menjadi masker dapat membuat kulit lembut, mencerahkan serta melembabkan kulit, dan sebagainya. 

Berikut caranya :

Ambil tempe secukupnya. Tempe yang disiapkan itu direbus agar tidak langu. 

Usai direbus kemudian dihaluskan, tambahkan tepung maizena dan madu.

Setelah adonan tempe dirasa cukup kental, aplikasikan masker tempe ke seluruh wajah dan leher yang telah dibersihkan. Tunggu sampai kering dan bilas hingga bersih.

Top