MALANGTIMES - Jika umumnya kalian menjumpai kartu golongan darah biasa saja, bahkan hanya berupa kertas putih dengan keterangannya. Kali ini, hal berbeda ada di Puskesmas Dinoyo Kota Malang.

Ya, inovasi pelayanan kesehatan ini bakal mempermudah kalian dalam mengenali diri. Yakni, dengan 'Gokar' (Golongan Darah Berkarakter).

Nah, bedanya apa dengan kartu golongan darah biasa?

Ahli Teknologi Laboratorium Medic Puskesmas Dinoyo, Budi Ari Bowo mengatakan, konsep Gokar ini dinilai lebih safety dibanding dengan kartu golongan darah biasanya. Karena tempelan seperti hasil dari cek golongan darah dilengkapi dengan laminasi, sehingga mencegah adanya gesekan, tercemar, atau menulari ketika di pegang oleh orang lain.

"Ini safety, artinya dengan Gokar ini kita mengutamakan keamanan bagi pengguna atau pasien. Biar tidak tertular penyakit, karena ini kan ada organ tubuh yang ditempelkan dan kita laminasi supaya aman. Kalau golongan darah biasa ada yang dikasih ada yang tidak, dan ndak dilaminasi," ujar dia.

Menariknya, dalam Gokar ini akan didapati foto diri kalian. Hal ini sebagai bentuk dari karakter diri, agar tidak tertukar dengan yang lainnya. Mirip seperti kartu tanda pengenal, tapi lebih simpel. 

"Kalau yang selama ini kan tidak ada fotonya, darahnya tidak nempel, kemudian tidak dilaminasi. Kita berbeda, KTO aja ada fotonya, kita juga bikin Gokar biar lebih mudah dan mengantisipasi untuk tertukar dengan milik orang lain," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia jelaskan jika Gokar ini inovasi satu-satunya di Jawa Timur. Awal mulanya, karena dari mahasiswa yang memeriksakan darahnya ke Puskesmas Dinoyo dan dinilai biasa-biasa saja. Alhasil, ia berkreasi menjadikan inovasi Gokar tersebut.

"Waktu itu ada mahasiswa yang bilang kartu golongan darah kok biasa-biasa saja. Nah, dari situ mulai berpikir, gimana ya caranya sehingga kita tidak katrok nemen (ketinggalan zaman) dan harus mengikuti pola pikir anak-anak muda. Akhirnya respons ini kita wujudkan dalam bentuk Gokar," paparnya.

Model Gokar ini cukup mudah untuk dibawa kemana saja dan kapanpun, karena mirip dengan tanda pengenal. Sehingga pemiliknya bisa menyimpannya di dompet.

Jika kalian menginginkannya, nanti foto kalian akan terpampanng di pojok kiri atas, di samping jenis golongan darahmu. Kemudian data diri singkat, dan paling bawah akan dicantumkan empat sample darah yang diberi larutan pendeteksi golongan darah.

"Golongan darah ini penting, ketika ini selalu dibawa maka akan gampang dikenali saat dibutuhkan. Karena ini bisa dibawa kemana saja dengan aman tanpa takut rusak," pungkasnya.