Scincare menjadi salah satu komponen perawatan pentimg untuk menjaga kulit seorang remaja (istimewa).

Scincare menjadi salah satu komponen perawatan pentimg untuk menjaga kulit seorang remaja (istimewa).



MALANGTIMES - Akhir-akhir ini sedang ramai pemberitaan razia scincare di salah satu sekolah. Razia itu menuai pro dan kontra dari warganet. Tapi di balik gejolak itu, seberapa penting sebenarnya scincare bagi kulit remaja? Untuk yang penasaran, berikut penjelasan dari pakarnya.

Melalui cuitan di akun twitternya, Dermatology & Venereology FK UI, Agung Rheza (@agumgmrgeza) menjelaskan, skincare menjadi salah satu komponen paling penting bagi kulit remaja. Terlebih untuk daerah tropis seperti Indonesia, yang tentunya membutuhkan perawatan untuk tetap menjaga kesehatan kulit, disamping untuk tampil cantik.

"Kulit remaja cenderung berminyak karena aktivitas kelenjar minyak (oil gland) yang meningkat saat pubertas.
Pada kondisi normal, minyak diperlukan untuk proteksi kulit dari berbagai macam mikroba penyebab banyak penyakit kulit, misalnya acne (jerawat) dan menjaga keasaman kulit," cuitnya.

Pada kondisi produksi minyak berlebih, lanjutnya, minyak yang menumpuk (terutama wajah) akan menyebabkan banyak penyakit kulit. Tersering adalah acne. Acne menjadi penyakit serius karena menimbulkan masalah lain misalnya gangguan kejiwaan.

"Struktur lainnya adalah sel melanosit pada lapisan epidermis. Selain memberi warna kulit, juga bertugas menyaring sinar UV matahari agar tidak menembus kulit. Sayangnya melanosit tidak mampu 100% melindungi kulit, sehingga tetap membutuhkan bantuan tabir surya," tambahnya.

Lebih jauh dia menyampaikan, di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari yang dihasilkan sangat tinggi. Sehingga penggunaan tabir surya menjadi penting. Dia pun menyarankan agar penggunaan tabir surya dimulai saat anak dan remaja. Karena sinar UV tanpa proteksi akan terakumulasi saat dewasa dan akan menyebabkan banyak penyakit kulit, terutama kanker kulit.

"Jadi dengan banyaknya permasalahan kulit yang dialami remaja, seberapa penting kah skincare itu? Jawabannya: PENTING! Lebih baik dirawat sebelum muncul masalah kulit," imbuhnya.

Beberapa scincare yang harus digunakan remaja sebagaimana ia cuitkan dalam twitter adalah sebagai berikut:

1. Sunblock


Penggunaan sunblock sangat disarankan. Pemakaian di dalam ruangan dianjurkan setiap 3 jam. Di luar ruangan atau aktivitas dalam air/berkeringat (misal olah raga, berenang) menjadi setiap 1 jam. Boleh dibawa ke sekolah? BOLEH ! Bahkan di Eropa wajib dioleskan oleh guru di sekolah.

Cara pakai sunblock:
- Antara jam 8-15
- SPF minimal 30 sudah cukup melindungi kulit
- Oleskan pada area yang terpapar matahari (wajah, leher, lengan, tangan)
Bantu dengan baju lengan panjang & topi lebar sebenarnya, tapi ga mungkin kalo ke sekolah ya?


2. Pelembap


Walaupun bukan kondisi umum pada usia remaja, namun kulit kering dapat terjadi pada musim panas atau sedang dalam pengobatan jerawat. Jika kulit kering dibiarkan, akan menyebabkan gatal hingga infeksi lho! Pemakaiannya boleh sesering mungkin.


3. Facial wash


Mencuci wajah adalah kegiatan wajib kalau sudah pubertas agar membilas minyak yang menumpuk di wajah. Mencuci wajah cukup 2x/hari atau lebih sering kalau kegiatan kamu banyak berkeringat. Cukup dengan air biasa dan tidak perlu menggosok kuat. Hindari scrub.

"Sekian skincare yang wajib kita pakai sehari-hari. Skin care lainnya seperti serum, toner, dll bersifat tambahan saja dan pada kondisi tertentu. Jadi pemakaiannya tidak terlalu sering bahkan bisa malam hari, tidak wajib dibawa ke sekolah ya," jelasnya.

Di akhir cuitannya, dia juga menjelaskan jika produk kosmetik seperti make-up, foundation, bedak, lipstik, pomade, hair wax dan lain sebagainya juga bersifat tidak wajib. Karena tidak termasuk dalam kategori skincare.

Itu tadi penjelasan yang sangat bermanfaat dari @agungmrheza. Intinya, scincare untuk kulit remaja itu masih sangat dibutuhkan ya gengs. Terutama untuk daerah tropis seperti megara kita ini. Gunakan scincare secara bijak untuk menhaga kulit tetap sehat dan terhindar dari banyak penyakit kulit. Selain itu, kulit akan cantik dan membuat kepercayaan dirimu bertambah.

End of content

No more pages to load