Libur Lebaran Kurban, KAI Siapkan Tiga Kereta Api Tambahan

Aug 09, 2019 18:49
Ilustrasi para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi para penumpang yang akan berangkat dari Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari Raya Idul Adha atau yang juga kerap disebut Lebaran Kurban menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk pulang kampung alias mudik. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 menyiapkan tiga kereta api (KA) tambahan baik jarak jauh maupun jarak dekat. 

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Suprapto mengungkapkan, operasional kereta tambahan tersebut untuk mengakomodasi antusiasme pemudik. Terlebih, saat ini kereta api menjadi salah satu moda transportasi yang jadi pilihan masyarakat. "Tahun-tahunnya sebelumnya, Lebaran Idul adha ini juga kerap terjadi lonjakan. Sehingga sebagai antisipasi peningkatan jumlah penumpang, ada operasional KA tambahan," ujarnya. 

Suprapto menguraikan, terdapat tiga kereta api tambahan di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang beroperasi pada masa liburan Idul Adha 2019 ini. Pertama, KA Sembrani Tambahan (KA 7055) relasi Surabaya Pasarturi-Gambir dengan susunan rangkaian 9 KA eksekutif dengan total kapasitas 450 tempat duduk. 

KA Sembrani tambahan ini beroperasi setiap hari Jumat dan Minggu dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Surabaya Pasarturi pada pukul 20.30 WIB dan tiba di Gambir pada pukul 06.42 WIB. Harga tiket untuk KA Sembrani Tambahan ini adalah Rp 500 ribu.
Kedua, PLB Tambahan Surabaya Gubeng-Malang (7071) dengan harga tiket Rp 40 ribu. 

Adapun susunan rangkaian dari KA ini adalah 9 KA Premium dengan total kapasitas 720 tempat duduk. Berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng 05.35 WIB dan tiba di Stasiun Malang pukul 07.45 WIB.

Ketiga, PLB Tambahan Malang-Surabaya Gubeng (7072) dengan harga tiket Rp 40 ribu. Rangkaian dari KA ini tersusun atas 9 KA Premium dengan total kapasitas 720 tempat duduk. Berangkat dari Stasiun Malang pukul 11.10 WIB dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 13.22 WIB.

Suprapto mengatakan, hingga H-2 jelang Hari Raya Iduladha, peningkatan pemesanan tiket sudah mulai terjadi. "Total keberangkatan KA jarak jauh/menengah yang beroperasi pada masa liburan Idul Adha 2019 ini, dari wilayah Daop 8 Surabaya sebanyak  32 KA yang terdiri dari 29 KA regular dan 3 KA tambahan, dengan total seat per-hari yang tersedia yakni 18.166 seat," pungkasnya. 

 

Topik
MalangBerita MalangPT Kereta Api IndonesiaLebaran Idul adhaoperasional kereta tambahan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru