Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pusaka Peninggalan Kerajaan Majapahit dan Madura Dipamerkan di Malang

Penulis : Ferry Agusta Satrio - Editor : Redaksi

19 - Sep - 2015, 06:46

Keris Omyang Jimbe, salah satu pusaka yang dipamerkan pada pameran keris di pendopo Kantor Bupati Malang. (Foto: Ferry/Malangtimes)
Keris Omyang Jimbe, salah satu pusaka yang dipamerkan pada pameran keris di pendopo Kantor Bupati Malang. (Foto: Ferry/Malangtimes)

MALANGTIMES - Keris Omyang Jimbe, nama pusaka yang berasal dari zaman Kerajaan Majapahit. Keris ini banyak dicari orang, karena dipercaya mampu mendatangkan rezeki. Omyang Jimbe juga dipercaya bisa digunakan untuk menagih utang. 

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Cerita tersebut dituturkan Jumlair, peserta pameran keris yang diadakan di Pendopo Kantor Bupati Malang. "Biasanya, ada orang yang sulit untuk membayar utang. Dengan ada Omyang Jimbe, dipercaya bisa segera dibayar utangnya," ucap Jimmy, panggilan akrabnya, saat berbincang dengan MALANGTIMES.

Ditanya pusaka yang disenangi karena nilai sejarahnya, Jimmy sangat menyukai pusaka Ki Lurah Semar.Sebuah benda berbahan perak, dengan lengkung pada bagian ujung. Pusaka ini diperolehnya dari seseorang yang berusia 80 tahun. Kisahnya, pusaka diperoleh di sebuah sungai dekat wilayah Singosari. ‎"Saya ngejar (pusaka) ini selama enam bulan," ujar pria yang sehari-hari menjual pusakanya di Pasar Besar, Kota Malang ini.
‎‎
Ada lebih dari seratus pusaka milik Jimmy yang dipamerkan di pendopo yang beralamat di Jalan KH Agus Salim 7, Kota Malang. Beragam pusaka dipamerkan, dari jenis tombak, pedang, petrem hingga keris.

Beragam keris yang dibawa Jimmy untuk dipamerkan, di antaranya dapur sengkelat, sabuk inten, dan singo kikik, jenis keris peninggalan Kerajaan Madura. Untuk pamor keris, Jimmy membawa junjung derajat, melati rinonce, dan melati tumpuk.

Baca Juga : HMI Kisip Brawijaya Salurkan Bantuan APD dan Handsanitizer ke RS Saiful Anwar

Pusaka milik Jimmy dipamerkan sejak dua hari lalu dan akan berakhir Minggu (20/9/2015). Dia bersama 2 rekannya memamerkan pusaka untuk bisa dilihat secara langsung oleh para pengunjung. (*)


Topik

Peristiwa Keris-Omyang-Jimbe Kerajaan-Majapahit


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ferry Agusta Satrio

Editor

Redaksi