Desa Pujon Kidul diberangkatkan sebagai wakil Pemkab Malang dalam lomba PKK tingkat Jatim 2019 (dok MalangTIMES)
Desa Pujon Kidul diberangkatkan sebagai wakil Pemkab Malang dalam lomba PKK tingkat Jatim 2019 (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang memiliki gen juara dalam berbagai perlombaan di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim) maupun skala nasional. Khususnya dalam lomba Desa dan pelaksanaan 10 program pokok PKK.

Tercatat, di skala nasional TP PKK Kabupaten yang yang dikomandani oleh Hj Jajuk Rendra Kresna pernah menyabet juara dalam lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT), di tahun 2017 lalu. Di tahun berikutnya, TP PKK Kabupaten Malang juga menancapkan kukunya di lomba kesatuan gerak PKK- KB-kesehatan tingkat Jatim, dengan peringkat juara pertama. Dengan mengusung Desa Waturejo, Ngantang.

Berbagai prestasi inilah yang membuat Kabupaten Malang, di tahun 2019 optimis akan kembali keluar sebagai juara dalam lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jatim.

Mengusung eksotisme Desa Pujon Kidul yang telah berkibar namanya di skala nasional di bidang pariwisata, Pemkab Malang kembali mencoba mengulang gen juara di tahun-tahun lalu terkait lomba 10 Program Pokok PKK yang meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan dan sandang. Juga, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup serta perencanaan sehat.

Suwadji Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, pun menyampaikan, bahwa Pemkab Malang yang mengusung Desa Pujon Kidul, optimis bisa keluar menjadi juara dalam lomba. "Kami yakin, penilaian yang sudah dilakukan di Desa Pujon Kidul dapat menghasilkan nilai yang baik, dan desa ini dapat menyabet gelar juara," kata mantan Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Malang ini.

Mengandalkan potensi pariwisata dan perkembangan ekonomi yang sangat pesat di Pujon Kidul, Suwadji  menyampaikan, bahwa tim penilai lomba desa dibuat terkesan dengan potensi yang ada. Baik Cafe Sawah nya maupun perkembangan ekonomi warga di Pujon Kidul.

Berbagai aspek yang masuk dalam 10 program pokok PKK, terwujud dengan baik di Pujon Kidul. Misalnya dalam pelestarian lingkungan hidup yang bisa berdampingan dengan sektor pariwisata sampai pada kehidupan perekonomian rakyat yang berputar cukup pesat. "Hal-hal ini yang membuat kita mengajukan Pujon Kidul dalam lomba desa PKK tingkat Jatim. Dimana keberhasilan yang telah diraih itu tentunya dilalui dengan adanya kelembagaan, regulasi, aspek partisipasi masyarakat dan ditunjang administrasi yang baik," tutur Suwadji.

Seperti diketahui Pujon Kidul kini telah mampu mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dengan perputaran uang terbilang besar, yakni sekitar Rp 5 miliar di tahun ini. Walau tentunya tidak ada gading yang tak retak, Suwadji juga menjelaskan, tentunya masih ada beberapa hal kecil yang harus terus dikembangkan di Pujon Kidul. "Ada beberapa kekurangan memang. Tapi itu tidak menjadi soal. Karena setiap kali kami terus melakukan evaluasi dan pembinaan,"’ pungkas Suwadji.