6 Cara Terbaik Merawat Ripped Jeans Agar Tetap Awet, Cuci dengan Garam hingga Taruh di Freezer

MALANGTIMES - Celana ripped jeans yang identik dengan penampilan sobek di bagian tertentu dan tidak beraturan di celana jeans banyak diminati orang karena trendi dan tidak pernah ketinggalan zaman. 

Aksen sobek-sobek atau distressed pada jeans selalu ada setiap musim. Model ripped jeans ini disukai karena membuat tampilan terlihat santai namun tetap modis.

Gaya tersebut populer di era ’80-an, dipopulerkan sebagai street style oleh grup-grup rhythm and blues (R&B). Gaya sobek-sobek tersebut kemudian berlanjut ke era ‘90-an dan dipakai oleh masyarakat pada masa itu secara umum.

Akan tetapi, makna penggunaan aksen sobek-sobek pada era ’90-an berbeda dari era ’80-an. Gaya busana era ’80-an meletup, norak, dan banyak warna. Aksen sobek-sobek pada era tersebut digunakan untuk menarik perhatian dan mengagetkan publik.

Sedangkan, di era ’90-an yang berkarakter grunge justru menyukai busana-busana dasar yang terkesan seadanya sebagai ekspresi anti-fashion.

Akan tetapi, lantaran ada bagian yang sobek dalam ripped jeans membuat untuk proses perawatan dan juga proses mencucinya akan jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan jenis jeans biasa. Tentunya kamu ingin celana ripped jeansmu awet.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar celana ripped jeans kamu agar tetap awet.

1. Jangan Terlalu Sering Dicuci

Sama halnya dengan beberapa jeans lain, jenis ripped jeans juga disarankan untuk tidak terlalu sering dicuci. Terlalu sering mencuci akan merusak ketahanannya. Jika Anda ingin mencuci ripped jeans, setidaknya lakukan 2 minggu sekali apabila celana memang kotor, atau bahkan 1 bulan sekali.

2. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Untuk menghindari kerusakan dan sobekan yang lebih luas pada ripped jeans, jangan mencuci menggunakan mesin cuci. Cucilah dengan cara manual. Anda bisa memulainya dengan merendam lalu menggosoknya secara perlahan, dan membilasnya. Kemudian, jemurlah dengan cara digantung.

3. Balik Celana Jeans

Mencuci celana jeans akan menyebabkan celana lebih cepat rapuh. Namun, apabila terpaksa mencucinya, Anda bisa mengakali agar celana tidak cepat rusak dengan membaliknya pada saat akan mencuci. Ingat, jangan menggosok pada area ripped jeans.

4. Tambahkan Cuka atau Garam Saat Akan Mencuci

Garam dan cuka memiliki banyak manfaat, salah satunya baik untuk proses membersihkan celana jeans, termasuk juga ripped jeans. Cuka dan garam terbukti sangat efektif dalam mengangkat kotoran.

Anda bisa melakukan proses perendaman celana jeans kurang lebih satu malam pada air dingin yang dicampur dengan cuka atau garam. Anda tidak perlu khawatir dengan kemungkinan bau cuka yang menyengat. Pada saat ripped jeans sudah mulai mengering, bau yang dikeluarkan oleh cuka tidak akan tercium kembali.

5. Taruh di Freezer

WhatsApp-Image-2019-06-28-at-19.02.09-1674a72a82650f44f.jpg

Ketika ripped jeans Anda sudah bau namun belum memasuki waktu dicuci, Anda dapat mengakalinya dengan memasukan ke freezer untuk beberapa saat. Memasukkan jeans di freezer merupakan cara ampuh untuk mengusir bau celana jeans yang sudah dipakai tanpa perlu khawatir melunturkan warnanya.

Memasukkan celana jeans ke dalam freezer akan mematikan sebagian besar bakteri yang ada pada kain celana jeans Anda. Diamkan celana jeans di dalam freezer selama semalam untuk hasil yang maksimal.

6. Jangan Dilipat, Gantung

Hindari melipat celana jeans. Hal ini dikarenakan material pada celana jeans sangat tebal sehingga akan menyebabkan celana cepat lembab ketika disimpan dengan dilipat.

Cara terbaik menyimpan celana jeans setelah dicuci atau setelah dipakai adalah dengan menggantungnya. Gunakan penggantung pakaian agar bentuk celana jeans aslinya terjaga dan terhindar dari bekas lipatan.

Top