Mobil dengan bahan bakar air asin (istimewa)
Mobil dengan bahan bakar air asin (istimewa)

MALANGTIMES - Akhir-akhir ini mungkin kalian sedang diresahkan dengan kenaikan harga BBM. Bagaimana tidak resah, belum juga harga BBM naik, harga sembako pun juga sudah merangkak naik. Belum lagi kebutuhan BBM yang banyak buat kendaraan kita.

Dan hampir 80 persen penduduk bumi memiliki kendaraan bermotor, Nah itu berarti kalian bakalan sering buang waktu untuk mengantre di pom bensin kan?

Baca Juga : Imbas Covid-19, Munas dan Jamnas Brionesia 2020 Diundur 14 Hari

Sepertinya sudah saatnya kita mencari alternatif bahan bakar lain, tapi jangan putus asa dulu ya. Berikut ini ada 5 mobil unik dengan bahan bakar tak biasa.

1. Bahan Bakar Udara

Mobil yang diberi nama Airpod ini menggunakan udara sebagai bahan bakarnya. Airpod mobil merupakan hasil riset yang dilakukan oleh para engineer Tata Motors India.

Uniknya mobil ini bisa berjalan karena dukungan mesin tenaga udara yang digunakan sebagai sumber tenaganya.

Jadi jika ada udara yang masuk kedalam mesin, udara tersebut bakal disalurkan menggunakan pompa eksternal yang ada di dalam mobil.

Nggak berhenti sampai di situ, keunikan lain masih terdapat pada mobil ini. Selain dari bahan bakar, ukuran mobil ini juga unik lho.

Gimana tidak unik, mobil ini hanya memiliki panjang 2,07 meter lebar 1,6 dan tinggi 1,74 meter. Nah selain itu mobil ini juga hanya memiliki 3 buah ban, 1 di bagian depan dan 2 di bagian belakang.

Untuk kecepatannya mobil berbahan udara ini mampu melaju sampai kecepatan 60 kilometer per jam.

2. Bahan Bakar Air Asin

Kabar gembira, perusahaan riset teknologi di Jerman, nanoFlowcell AG berhasil membuat mobil sport ramah lingkungan, yang diberi nama Quant e-Sportlimousine. 

Mobil ini dirancang agar dapat menempuh kecepatan penuh hingga 350 kilometer per jam. Menariknya mobil ini rupanya berbahan bakar air asin.

Agar sanggup mengalirkan daya keempat motornya Quant e-Sportlimousine dijejali sistem tenaga yang memiliki sel aliran elektrolit, teknologi ini disebut-sebut mirip dengan sel bahan bakar hidrogen.

Hanya saja, cairan yang digunakan untuk menyimpan energi yang dikeluarkan dari air asin lalu cairan ini menembus membran di antara dua tangki dan membuat muatan listrik. Aliran listrik ini kemudian dipindahkan dan dialihkan oleh kapasitor super. 

Soal akselerasi, Quant e-Sportlimousine diterima sanggup melesat dari 0-100 km / jam hanya dalam waktu 2,8 detik. Sehingga kecepatan mobil ini sama dengan McLaren P1.

Selain itu mobil ini mampu mengangkut empat penumpang, karena memiliki panjang 5,25 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi 1,35 meter.

3. Bahan Bakar Tinja

Kedengarannya nyeleneh tapi ini benar loh, mobil bernama Bio-bag merupakan terobosan terbaru yang dikembangkan melalui mobil Volkswagen Beetle yang berjalan dari gas metan yang dihasilkan pada saat pengolahan limbah.

Gas ini terkumpul dan tersimpan di dalam tabung supaya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Nah, selain itu gas ini juga tidak akan menyebar ke atmosfir, jadi tenang saja ya, aman.

Para desainer di GENeco jelas menjatuhkan pilihan mobil berbahan bakar poop ini kepada Beetle klasik. Mobil ini dikenal dengan mobil yang dapat mengolah gas buangnya.

Baca Juga : Suzuki SBT Andalkan Alat Cegah Virus Corona di Mobil

Selain itu para insinyur menggunakan isi sapitank dari 70 rumah untuk menggerakkan hingga jarak 10.000 mil atau sekitar 16.000 kilometer.

4. Bahan Bakar Air

Baru-baru ini Insinyur Otomotif Jepang yang bernama Stanley Meyer memperkenalkan sistem baru yaitu penggunaan energi air yang pertama, dan mendemonstrasikan kemampuannya untuk menggerakkan mobil elektrik.

Hal ini tentu mengundang banyak keraguan, tetapi Stanley mengatakan bahwa mereka sedang mengumpulkan data pihak ketiga untuk mendukung teknologinya dan merencanakan presentasi yang terinci kepada media.

Ketika melakukan uji coba di Osaka, Jepang, air dituangkan kepada suatu kontainer besar di dalam bagasi mobil elektrik kecil ini. Dan setelah itu mobil dapat dengan otomatis beroperasi.

Mobil ini mampu berjalan dengan kecepatan 80 km per jam hanya dengan menghabiskan 1 liter air.

5. Bahan Bakar Kopi

Kalau bahan bakar tinja kedengaran aneh, yang ini lebih nyeleneh. Siapa yang sangka dengan bahan bakar kopi mobil ini bisa melaju dengan kencang hingga 105 km perjam.

Pasti kalian tidak mengira jika kopi bisa menjadi bahan bakar mobil, namun seorang pria di Inggris berhasil membuat sebuah mobil dengan bahan bakar kopi, bahkan bisa melaju dengan kencang.

Pria ini bernama Martin Bacona dia bersama teman-temannya berhasil membuat mobil dengan berbahan bakar kopi, bahkan salah satu mobilnya berhasil memecahkan rekor sebagai mobil dengan bahan bakar kopi dengan kecepatan mencapai 105 km perjamnya.

Cara kerjanya pun cukup mudah, limbah kopi dipanaskan dengan arang dan terurai menjadi karbon monoksida dan hidrogen. Gas itu lalu didinginkan dan disaring, sebelum hidrogennya dibakar untuk menggerakkan mesin.