Manjakan Wisatawan, Kota Malang Bakal Maksimalkan Peluang Wisata Malam

MALANGTIMES - Dikenal sebagai kota wisata, Kota Malang memang selalu menjadi jujukan para wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara, memilih kota pendidikan ini untuk menghabiskan masa liburannya. 

Tapi sayangnya, dari banyaknya ikon wisata yang dimiliki, sebagian besar bisa dikunjungi turis saat pagi atau siang hari saja.

Meski saat malam hari beberapa tempat wisata seperti kampung tematik bisa dikunjungi, namun wisatawan cenderung memilih untuk tidak mengunjungi kawasan tersebut saat malam hari. Sementara titik yang bisa dikunjungi saat malam hari pun masih sebatas pusat perbelanjaan hingga cafe dan rumah makan saja.

Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan, wisata malam memang menjadi salah satu potensi yang harus digali oleh Pemerintah Kota Malang. Karena bukan tidak mungkin, wisatawan masih merasa bingung akan melakukan apa di malam hari saat memilih bermalam di Kota Malang.

"Wisata malam menjadi salah satu saran untuk kami perhatikan," katanya pada MalangTIMES belum lama ini.

Menurutnya, bentuk wisata malam ada beragam. Mulai dari atraksi dan pertunjukan kesenian budaya hingga wisata kuliner. Sederet wisata malam seperti Malang Night Market yang sudah ada pun akan dimaksimalkan dan lebih dipromosikan. Sehingga wisatawan lebih mengetahui dan dapat menghabiskan waktu malam harinya dibeberapa pusat wisata malam yang ada.

"Yang mungkin paling akan ditonjolkan nantinya kuliner. Kita punya begitu banyak jenis kuliner khas," imbuhnya.

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu pun menjelaskan, potensi itu akan kembali digali. Mengingat, dalam kalender event yang dimiliki, Kota Malang juga mempunyai beberapa festival yang biasa disuguhkan di malam hari. Selain itu, beberapa tempat yang bisa dikunjungi saat malam akan dimaksimalkan. Baik dari segi keamanan maupun kenyamanan para wisatawan.

Sementara itu, wisatawan asal Surabaya, Elif Rahmayanti menyampaikan, berkunjung ke Kota Malang sangat sering ia lakukan. Selain bertemu teman, berkunjung ke kota pendidikan ini dia lakukan karena memang ada beberapa destinasi wisata dan kuliner yang membuat ia betah.

"Ada beberapa tempat kuliner yang menyenangkan untuk dikunjungi," jelasnya.

Namun sayangnya, saat malam hari ia merasa bingung harus berkunjung ke mana. Beberapa pusat keramaian seperti Alun-Alun Kota Malang hingga pusat perbelanjaan jiga sudah dikunjungi saat siang hari. Sehingga tak jarang saat malam hari ia memilih untuk menghabiskan waktu di kamar hotel.

"Bingung mau ke mana. Paling bisanya cuma nongkrong di tempat ngopi kalau malam hari. Pengennya ada pasar malam atau apa gitu yang bisa jadi ikon wisata di malam hari," terang perempuan berhijab itu.

 

Top