Yuk Intip 5 Negara yang Miliki Kereta Listrik Tercepat

Jun 22, 2019 10:02
Kereta Shanghai Maglev di China. (Foto: istimewa)
Kereta Shanghai Maglev di China. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Berbagai negara berbondong-bondong untuk memajukan moda transportasinya. Tidak hanya itu saja, tetapi berupaya mengembangkan transportasi dengan beberapa keunggulan untuk masyarakatnya.

Keunggulan yang diberikan itu seperti harganya yang murah, memiliki kecepatan tinggi, tempat duduk yang nyaman, dan sebagainya. Berikut ini 5 kereta listrik tercepat yang ada di dunia, antara lain:

1. Shanghai Maglev di China
Kereta tercepat di dunia yang pertama ini ada di Shanghai, China. Kecepatannya bisa mencapai 267,8 mph. Kereta ini beroperasi dari Bandara Internasional Pudong Shanghai ke Stasiun Metro Longyang di pinggiran Shanghai dengan jarak tempuh sekitar tujuh menit saja. Untuk sekali naik, penumpang harus merogoh kocek Rp 116 ribu.
 


2. Fuxing Hao CR400AF/BF di Beijing
Kereta dengan julukan Dolphin Blue ini memiliki kecepatan hingga 400 kilometer per jam. Kapasitas kereta ini bisa menampung 556 orang dengan rute dari Beijing Selatan ke Stasiun Hongqiao sekitar lima jam.
 


3. Haramain Western Railway di Mekah
Kereta ini biasa digunakan bagi para jamaah haji yang akan menyeberangi kota-kota suci dari Mekah ke Madinah. Waktu tempuhnya sekitar 2,5 jam. Kereta ini mampu mengantarkan sebanyak 3 juta penumpang setiap tahun selama musim haji dan umroh.
 


4. AGV Italo di Italia
Rute perjalanan kereta ini yaitu Napoli - Roma - Firenze - Bologna - Milano. Kecepatannya sekitar 223,6 mph. Kereta rancangan Alstom ini memiliki tujuh hingga 14 gerbong dengan kapasitas 245 hingga 446 orang.
 


5. Renfe Ave di Spanyol
Kereta Velaro E ini dirancang oleh perusahaan Siemens. Kecepatannya hingga 349 kilometer per jam. Rute perjalanan yang diantarkan kereta ini dari Barcelona ke Paris dengan waktu sekitar enam jam.

Kereta Siemens Velaro sendiri dipesan oleh Spanish National Railways Renfe. Tidak hanya beroperasi di Spanyol, tapi juga digunakan di Jerman, Belgia, Prancis, Inggris, Belanda, Spanyol, China, Rusia, dan Turki.

Topik
5 Negara yang Miliki Kereta Listrik Tercepat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru