Hewan Berkemampuan Kamuflase Tingkat Tinggi, Ada yang Bisa Menjelma Mirip Ular Sampai Daun Kering

Jun 16, 2019 19:12
Katak Mossy Vietnam mampu berkamuflase jadi lumut (Daftarpopuler)
Katak Mossy Vietnam mampu berkamuflase jadi lumut (Daftarpopuler)

MALANGTIMES - Setiap mahluk hidup, pastinya selalu memiliki sistem atau mekanisme dalam mempertahankan diri. Sistem tersebut beragam jenisnya.

 Ada yangbmemakai bisa, ada yang menggunakan tanduk ataupun taringnya untuk bertahan, ada yang berlari untuk bertahan sampai ada yang mampu berkamuflase tingkat tinggi untuk mengelabui lawan atau predatornya.

Baca Juga : KKN di Desa Penari Akan Tayang di Bioskop, Tonton Teasernya di Sini

Nah bicara masalah hewan yang memiliki kemampuan berkamuflase tingkat tinggi, berikut ini kami bakal informasikan ke kalian semua sahabat MalangTIMES. Apa saja hewan-hewannya, mari simak informasi berikut ini.

1. Ulat Elephant Hawk Moth

Ulat ini memiliki kemampuan luar biasa dalam berkamuflase mengelabuhi lawannya. Sebab ulat ini mampu berubah menjelma mirip dengan seekor ular berbisa. Kamuflasenya tersebut juga didukung dengan warna kulitnya yang berwarna coklat hitam yang bercorak seperti sisik.

Ketika terancam, ulat ini akan membentuk kepalanya mirip dengan kepala seekor ular. Dan ketika dilihat, memang bentuk dari kepala ulat ini benar-benar mirip dengan kepala ular. Ulat ini sendiri banyak ditemukan di kepulauan Inggris sepanjang Bulan Mei sampai Juli.

Namun meskipun dengan kamuflasenya tersebut, aksinya kebanyakan gagal. Pasalnya ukurannya yang kecil tidak membuat musuh atau predatornya takut, sehingga ulat ini justru seringkali menjadi santapan predator.

2. Tokek Ekor Daun

Jika seorang detektif harus melakukan penyamaran ketika melakukan penyelidikan, hal itu tidak berlaku untuk hewan ini. Tokek ini ketika mengintai mangsanya sudah tidak perlu melakukan penyamaran lagi.

Sebab, bentuk asli dari Tokek Ekor Daun ini, memang sudah benar-benar mirip dengan daun kering. Jika kalian yang belum pernah melihat hewan ini, nampaknya akan susah sekali membedakannya dengan daun kering.

Tokek ini diketahui berasal dari Kepulauan Madagaskar. Diketahui, spesiesnya terdapat delapan jenis. Bahkan di antara salah satu spesiesnya sampai ada yang seperti daun yang benar-benar kering dan juga seperti daun yang seolah-olah busuk.

3. Ikan Stone Flouder

Ikan bernama Stone Flouder ini, memiliki bentuk yang pipih. Ikan yang memiliki nama latin Karieus Bicoloratus ini, hidup di dasar perairan yang berpasir atau berlumpur di kedalaman sekitar 150 meter dari permukaan laut.

Habitat aslinya berasal di laut yang beriklim barat Pasifik. Kemampuannya berkamuflase tingkat tinggi. Ketika ia berada di dasar menempel dengan pasir, predator akan sulit sekali  melihatnya. Sebab ikan ini benar-benar bisa menyatu dengan pasir. Bahkan manusia sendiri akan sangat sulit untuk membedakannya.

4. Serangga Daun

Hewan ini berwarna hijau. Bentuknya sendiri sangat mendukung dalam berkamuflase dengan menjadi sebuah daun. Dan berbeda seperti bunglon yang harus merubah warnanya jika berkamuflase dengan daun, untuk hewan ini, bentuk asli sejak ia tercipta.

Bahkan, bentuk dari Serangga Daun ini, juga mirip dengan daun yang beberapa bagian dimakan oleh ulat, dimana terlihat berlubang dengan kemampuannya berkamuflase tersebut, nampaknya memang predator akan susah sekali menemukannya. Apalagi manusia yang belum pernah melihatnya, akan susah sekali membedakannya dengan daun asli.

Hewan ini sendiri banyak sekali ditemukan di Negara Malaysia. Makanan dari Serangga Daun ini, juga berupa dedaunan.

5. Katak Mossy Vietnam

Kalian tentunya pernah melihat lumut di tembok atau bebatuan sungai. Ya hewan bernama Kayak Mossy Vietnam ini, mampu berkamuflase layaknya lumut yang menempel di tembok atau bebatuan.

Katak bernama latin Tehloderma Corcoticale ini, merupakan keluarga Katak Rachophoridae. Habitatnya sendiri berada di dataran tropis atau subtropis yang lembab yang berair tawar dan berbatu.

6. Belalang Anggrek

Belalang ini benar-benar memiliki kemampuan kamuflase tingkat tinggi. Sebab, ia mampu berkamuflase menyamai warna dan keindahan dari bunga anggrek. Belalang bernama latin Hymenepomus coratus ini banyak sekali ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Dan saat berkamuflase untuk memburu serangga kecil makanannya, kaki belalang ini benar-benar menjadi seperti kelopak bunga anggrek dan sulit sekali dibedakan dengan bunga anggrek asli. Dan saat mangsanya hinggap di bunga anggrek ia akan langsung memangsanya.

Topik
MalangBerita MalangHewan Berkemampuan Kamuflase Tingkat Tinggi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru