Nazarudin Hasan Ketua Tim Sidak (kanan) bersama Eko Darmawan Sekdin Tenaga Kerja dan tim saat sidak kehadiran pegawai di Disnaker (Nana)
Nazarudin Hasan Ketua Tim Sidak (kanan) bersama Eko Darmawan Sekdin Tenaga Kerja dan tim saat sidak kehadiran pegawai di Disnaker (Nana)

MALANGTIMES - Seperti dijanjikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Malang Sanusi terkait sidak hari pertama kerja para aparatur sipil negara (ASN), tim gabungan sidak yang berasal dari unsur Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Inspektorat, Satpol PP beserta asisten, bergerilya ke berbagai perkantoran OPD Kabupaten Malang.

Seperti yang terlihat di Block Office Kepanjen yang dihuni oleh 6 OPD Kabupaten Malang. Yakni, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, (DPKPCK), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas PU Bina Marga, Dinas Koperasi, Dinas Peternakan dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).
6 OPD tersebut disidak oleh tim di bawah pimpinan Kepala Satpol PP Kabupaten Malang Nazarudin Hasan T secara bergiliran. Sidak pertama dilakukan di DPKPCK Kabupaten Malang setelahnya dilakukan ke Disnaker dan seluruh kantor OPD di Block Office, Kepanjen.

"Ini merupakan instruksi Menteri PAN-RB yang kita tindaklanjuti dalam rangka memastikan hari pertama kerja tidak ada yang bolos," kata Nazarudin kepada MalangTIMES, saat sidak di Disnaker Kabupaten Malang, Senin (10/06/2019).
Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) ini melanjutkan, tujuan sidak yang dilakukan timnya dengan jumlah 8 orang dari unsur yang ditunjuk, sebagai wujud penegakan disiplin ASN di hari pertama kerja.
 

Nazaruddin (kanan) ketua tim Sidak bersama  Iriantoro Kepala DPMPTSP di ruang kerja (Nana)


"Jadi kita tidak ingin sudah libur panjang, masih ada ASN yang tidak masuk tanpa keterangan. Sampai saat ini beberapa OPD yang kita sidak lengkap semua personelnya," ujar Nazarudin yang juga mengatakan, kedisplinan para ASN Kabupaten Malang di hari pertama kerja memuaskan.
"Semua aman dan patuh semua. Ini juga dipicu dengan tradisi open house Wabup Malang yang membuat ASN telah datang sejak kemarin. Sehingga hari ini semua lengkap hadir masuk kerja," imbuhnya.

Iriantoro Kepala DPMPTSP Kabupaten Malang yang telah dilantik sebagai Asisten, juga mengatakan hal senada saat pihaknya disidak tim gabungan.
Dirinya mengatakan, seluruh karyawan dan staf DPMPTSP Kabupaten Malang lengkap semuanya hari pertama kerja. "Alhamdulillah lengkap semuanya. Setelah acara halal bihalal di pendapa agung, kita langsung kembali kerja. Kebetulan juga kami punya acara internal di kantor yaitu halal bihalal juga. Jadi tidak ada yang bolos," ucap Iriantoro yang rencananya hari Rabu (12/06/2019) datang baru akan Sertijab.

Di Disnaker Kabupaten Malang pun setali tiga uang. Seluruh nya lengkap, walau Kepala Dinas-nya yaitu Yoyok Wardoyo izin berobat terlebih dahulu setelah mengikuti acara halal bihalal di pendapa agung Kabupaten Malang.
"Seluruhnya masuk, tapi pak Kadis izin dulu untuk berobat setelah mengikuti acara halal bihalal tadi. Rencananya nanti kembali masuk kantor," ujar Eko Darmawan Sekretaris Disnaker Kabupaten Malang sambil menunjukkan surat izin dari dokter.