MALANGTIMES - Demi kenyamanan dan menyenangkan pengunjung, Lippo Plaza Batu menambah beragam fasilitas. Salah satunya, musala Al-Musafir Lippo Plaza Batu. Titik lokasi musala Al-Musafir tersebut berada di lokasi basement. Ruangan di sudut bawah gedung. Hal itu sangat memudahkan para pengunjung dan wisatawan luar kota untuk melaksanakan ibadah salat berjamaah tepat waktu. 

Ruang berukuran kurang lebih tujuh kali tujuh tersebut menjadi daya tarik wisatawan dan pengunjung yang sedang asyik berbelanja di Lippo Plaza. Serta ditambah beragam fasilitas terkait. Yaitu, tempat wudu yang terpisah antara lelaki dan perempuan. Juga disediakan mukena dan sarung yang bersih dan suci. Fasilitas itu tentu membuat pengunjung bisa memanfaatkan dan memakmurkan musala. Meskipun sedang sibuk beraktivitas berbelanja dan berlibur.

Meski berada di basement, kemewahan musala terpancar dalam sudut ruangan. Interiornya nampak elegan. Sehingga membuat orang yang berada di dalamnya, tambah kerasan. 

Kehadiran musala  Al-Musafir Lippo Plaza Batu itu diresmikan oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, Senin (28/5/2019). Punjul meresmikan musala yang bisa menampung 150 jamaah. "Musala Al-Musafir awalnya kecil. Kemudian direnovasi jadi elegan dan untuk meningkatkan pelayanan. Itu semua juga hasil para donatur. Semoga amal ibadah diterima Allah. Serta tercatat sebagai amal jariah," kata Suwanto Mall Manajer Lippo Plaza Batu. 

Masih di tempat yang sama, Fifi Trisjanti, Mall Director Lippo Plaza Batu dalam sambutanya menyatakan, dengan diadakan musala di Mall, diharapkan karyawan, pengunjung dan wisatawan lain bisa menjalankan ibadah salat di musala tepat waktu. Sebab, lokasinya sangat dekat. Dan tidak perlu keluar area Mall.

Juga pelayanan ini untuk memanjakan para pengunjung dan wisatawan yang datang ke Kota Apel. "Di Batu, mayoritas pengunjung muslim. Maka, kami bangun agar lebih mudah dan tidak perlu ke luar area Mall, saat salat lima waktu. Jadi mempersingkat jarak. Mari dihidupkan dan dimakmurkan musala Al-Musafir serta dijaga bersama," ujar Fifi. 

Punjul Santoso Wakil Walikota Batu hadir meresmikan Musala Al-Musafir dengan membunyikan Bedug di sudut basement Lippo Plaza Batu

Punjul Santoso menambahkan, Kota Batu sudah menunjukan pembangunan dan kemajuan sangat pesat. Hal itu perlu didukung dengan tersedianya bermacam-macam fasilitas lain. Sebab, beberapa kali, wisatawan dan pengunjung sering bertanya apa fasilitasnya lengkap bila menuju ke lokasi tujuan berwisata di Kota Apel ini. "Perkembangan luar biasa di Kota Dingin ini. Dan pembangunan musala, sudah mutlak dilaksanakan. Sebab, wisatawan mau datang ke Mall atau pergi ke kuliner, biasanya bertanya apa ada musala, apa ada masjid. Juga adanya musala harus bisa digunakan untuk salat Jumat," tegas Punjul Santoso lalu dilanjutkan membunyikan bedug dan memotong pita. 

Sementara itu, Azariel Marcomm Lippo Plaza Batu menjabarkan, sebenarnya musala sudah ada. Namun, demi menunjang perusahaan yang tidak jauh dari Alun-alun Batu, diupayakan fasilitas lain, diopeni. Untuk itu, pihak manajemen melakukan renovasi guna semakin bagus dan cantik. Selain itu juga agar wisatawan lain bisa dengan mudah langsung beribadah di tempat di mana, mereka sedang belanja. 

Dari kiri: Fifi Trisjanti: Mall Director Lippo Plaza Batu, Punjul Santoso Wakil Walikota Batu, Suwanto: Mall Manajer Lippo Plaza Batu (baju koko), dan Kapt Inf Michael Koramel 0818 Batu sedang menggunting pita bersama simbol peresmian Musala Al-Musafir Lippo Plaza Batu

Dan di momen Ramadan 2019, sangat tepat untuk memublikasikan pelayanan anyar kepada khalayak tahu dan diresmikan pihak pemerintah setempat. "Atas permintaan pengunjung. Fasilitas lengkap. Pengunjung, wisatawan kalau mau salat tidak perlu pergi ke luar area Mall. Tinggal turun ke bawah. Sebab, pihak Mall berusaha memberikan yang terbaik," pungkasnya. 

Pada acara tersebut juga ada pemberian santunan kepada anak Desa Wajak dari pihak matahari departemen store. Serta saat pembukaan acara juga dihadiri perwakilan Lippo Mall Kediri, Lippo Mall Sidoarjo, juga hadir Lurah Temas, Tantra Soma Pandega. Kemudian, turut hadir Bambang Supriyanto Kabid SDM Pariwisata Kota Batu, dari perwakilan BNN Batu Rose Iptiwulandari Kasi Rehabilitasi. Lalu, Kapt inf Michael Koramel 0818 Batu.