Jadwal PPDB 2019. (istimewa)

Jadwal PPDB 2019. (istimewa)



MALANGTIMES -Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP untuk jalur prestasi dimulai hari ini, Senin (13/5). Kuota di jalur ini sebesar 5 persen. 

Untuk jalur prestasi ini, siswa harus menyerahkan Sertifikat/Piagam Prestasi dan surat keterangan dari sekolah ke Dinas Pendidikan Kota Malang mulai hari ini sampai 15 Mei mendatang pukul 08.00-14.00.

Jadi, calon peserta didik baru datang ke panitia PPDB kota di kantor dinas pendidikan dengan menyerahkan Surat Rekapitulasi kejuaraan lomba dari kepala sekolah.

Selain itu, calon peserta didik juga harus menyerahkan piagam/sertifikat kejuaraan yang asli dan fotokopinya yang sudah dilegalisir kepala sekolah atau lembaga penyelenggara lomba.

Kepala Dinas Pendidikan Zubaidah menyatakan, berkas-berkas dari siswa yang masuk ke Dinas Pendidikan nantinya akan akan diverifikasi oleh tim.

"Tim itu terdiri dari Koni, perwakilan Komite, perwakilan BPKN, perwakilan MKKS, perwakilan K3S, dan perwakilan dari Dinas Pendidikan," beber Zubaidah.

Sementara, pengumuman dan penyerahan surat Penetapan Hasil Verifikasi akan dikeluarkan pada tanggal 20 Mei nanti.

"Insyaallah kita berusaha seprofesional mungkin," tandasnya.

Dijelaskan Zubaidah, sistem di jalur prestasi itu memakai sistem pembobotan. Prestasi yang diakui dan diperhitungkan adalah prestasi juara 1, 2, dan 3 tingkat kota dan juara 1, juara 2, juara 3, harapan 1, harapan 2, dan harapan 3 tingkat provinsi, nasional, dan internasional.

Nah, ketentuan prestasi akademik dan nonakademiknya meliputi jenis prestasi sebagai berikut.

1. Bidang Akademik, yaitu Olimpiade Sains Nasional (OSN), Internasional Mathematics and Science Olympiad (IMSO), IJSO, dan lomba bidang studi berskala internasional yang lain.

2. Bidang Olahraga, yaitu kejuaraan yang diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah dan Pemerintah Daerah Provinsi atau lembaga yang diakui dan bekerjasama dengan pemerintah, meliputi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Provinsi, Pekan Olahraga SD, Kejurprov, Pekan Olahraga Nasional, dan SEA Games.

3. Bidang Seni Budaya dan Keagamaan, yaitu Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Pekan Seni Pelajar, MTQ yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi.

4. Kejuaraan dalam bidang pramuka.

5. Lomba siswa prestasi bidang akademik dan nonakademik (siswa teladan).

Di jalur prestasi ini, siswa bebas memilih sekolah mana. Namun, Sekretaris Dinas Pendidikan Totok Kasianto menyatakan ada pengkhususan untuk prestasi olahraga.

"Prestasi ini bebas memilih. Tapi khusus untuk olahraga akan kita arahkan kepada sekolah-sekolah yang ada pembinaannya. Nanti ada sekolah-sekolah binaannya dan akan diarahkan oleh tim," ungkapnya.

 

End of content

No more pages to load