MALANGTIMES - Kuda dahulunya menjadi salah satu alat transportasi andalan di darat. Namun seiring berkembangnya zaman, hewan yang juga dijadikan logo salah satu pabrikan mobil dunia ini, banyak dijadikan hewan peliharaan, karena keunikan maupun keindahannya.

Dan di dunia, terdapat beberapa macam jenis ras kuda yang memang memiliki ciri-ciri fisik yang unik dan berbeda. Apa saja kuda-kuda itu, penasaran ?. Dari pada bertanya-tanya, langsung saja kita simak informasi berikut ini dirangkum dari daftar populer.

1. Kuda Arabian.

Jenis kuda ini merupakan kuda favorit dari berbagai penggemar kuda di seluruh dunia. Bentuk postur tubuh kuda yang tinggi, gagah, performance yang lincah dan memiliki ketahanan tubuh yang kuat, membuat kuda tersebut benar-benar menjadi kuda impian dari para penggemar kuda.

Dan karena keistimewaan dan keunggulan kuda tersebut, kuda yang tersebar di Arab, Yaman, Irak, Libia, Iran dan Mesir ini, banyak dijadikan induk perkawinan silang bagi kuda balap lain.

Ras kuda ini, sudah banyak terkenal sebagai jawara dalam setiap perlombaan. Termasuk pada Asian Games 2018 lalu. Dalam ajang tersebut, kuda Arabian ini mendominasi perolehan emas terbanyak.

Dan kalian jangan terkejut, jika kalian ingin memiliki kuda tersebut, kalau harus mengeluarkan gocek yang cukup dalam. Harga seekor kuda tersebut, menyamai harga sebanyak 20 mobil lamborghini Aventador. Harga kuda tersebut diperkirakan sekitar Rp 200 miliar.

2. Kuda Fallabella.

Ras kuda ini merupakan ras kuda terkecil di dunia. Kuda ini berasal dari negara Argentina. Rata-rata tinggi tubuh kuda ini hanya 81 cm dan berat 26 kg. Dengan sifatnya yang jinak, unik dan lucu, membuatnya banyak dipelihara oleh orang karena banyak disukai anak-anak.

Kuda ini merupakan keturunan dari kuda Andalusia dan juga Spanyol Horse dan kemudian dibawa oleh orang Spanyol ke Argentina pada abad ke 15.

3. Kuda Akhalteke

Kuda yang satu ini, juga dikenal sebagai kuda emas. Sebab, sekujur tubuh kuda tersebut, berwarna emas yang mengkilat. Ras kuda ini merupakan ras kuda tercantik di antara banyak jenis kuda.

Bukan hanya dikenal sebagai kuda tercantik, kuda ini juga dikenal sebagai kuda yang memiliki kecepatan tinggi. Kuda ini juga begitu cerdas dan tangkas, sehingga seringkali digunakan dalam perlombaan jumping.

Bukan hanya itu, kuda ini juga memiliki stamina yang kuat. Karenanya dulu jendral Rusia, menggunakan kuda ini sebagai kendaraan perang.

4. Kuda Black Forest

Ras kuda jenis ini, merupakan ras kuda yang memiliki ekor dan rambut terpanjang di dunia. Sebab rambut maupun pada ekornya bisa tumbuh sampai 1,5 meter sampai dua meter.

Meskipun kuda ini bernama Black Forest, namun bukan berarti semua ras kuda berwarna hitam. Terdapat warna lain seperti coklat, cheese nut maupun grey.

Kuda ini sendiri dikembangbiakan pada abad ke  14 di Jerman Selatan. Seringkali dijuluki Golden Retriever karena dikenal patuh, setia serta mudah dilatih. Ras kuda ini juga memiliki julukan, mutiara hutan hitam.

5. Kuda Curly

Lazimnya, rambut, bulu maupun ekor kuda, menjuntai lurus. Namun berbeda yang dimiliki oleh ras kuda Curly. Kuda tersebut memang mempunyai ciri memiliki rambut, ekor dan bulu yang keriting.

Keritingnya rambut maupun bulu pada kuda tersebut, karena memang dipengaruhi oleh gen yang mereka miliki. Dari cirinya itu, kuda tersebut ada yang menganggap sebagai kuda suci dan hanya ada beberapa orang saja yang boleh menungganginya. Dan sampai saat ini, yang masih menjadi pertanyaan adalah, asal usul kuda ini masih belum diketahui kejelasannya.